DAERAH  

Kasus Positif COVID-19 di Riau Bertambah 16

Pekanbaru, Transnews.co.id – Kasus penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Riau, pada hari Minggu (30/1), terdapat penambahan 61 kasus.

“Hari ini kembali terjadi peningkatan kasus yang cukup tinggi, dengan penambahan 61 kasus positif. Sehari sebelumnya 19 kasus, termasuk salah satunya warga Pekanbaru yang terkonfirmasi omicron, hasil pemeriksaan di Batam,” ujar Plt Kadiskes Riau, Masrul Kasmy, Minggu (30/1).

“Dari 61 kasus ini belum tahu apakah varian omicron atau tidak, karena samplenya belum keluar dari laboratorium Kemenkes. Sampai saat ini sample yang kita kirim belum ada terdeteksi varian omicron,” tambahnya.

Dijelaskan Masrul Kasmy, tim dari Diskes Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru telah melakukan tracing dan testing terhadap warga Pekanbaru yang tinggal di Kecamatan Rumbai. Selanjutnya pasien yang terkonfirmasi omicron menjalani isolasi mandiri.

baca juga :   Satlantas Polres Manokwari Gelar Vaksin On The Road

“Setelah dilakukan tracing dan testing keluarga pasien, dan pemeriksaan swab PCR, semua keluarganya negatif. Dan warga tersebut isolasi mandiri, awalnya Diskes Kota meminta agar isolasi terpusat. Namun, karena rumahnya tidak ada orang dan dia bisa sendiri, jadinya isolasi mandiri,” kata Asisten I Setdaprov Riau ini.

Sementara itu, meningkatnya kasus positif COVID-19 di Riau juga banyak dari orang luar Provinsi Riau yang melakukan pemeriksaan di Pekanbaru. Baik orang yang akan melakukan perjalanan, maupun yang datang ke Riau melalui udara maupun darat.

baca juga :   Pemdes Lojejer Menggelar Giat Vaksinasi 2000 Kuota

“Dari luar Provinsi Riau itu ada 23 orang, dan mereka melakukan pemeriksaan. Bisa saja orang yang bekerja di Pekanbaru atau daerah lain dan melakukan pemeriksaan dengan hasil positif. Ada juga dari orang yang akan melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara, dan terdeteksi positif,” jelasnya.

“Kasus tertinggi juga dari Kota Pekanbaru yang mencapai 31 orang, selanjutnya Bengkalis 4 orang, dan Rokan Hilir 3 orang. Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada pandemi belum berakhir, protokol kesehatan harus tetap disiplin, masker tetap dipakai. Hindari mobilisasi orang banyak,” imbau Masrul Kasmy.

baca juga :   Disdik Riau Beri Kebebasan Sekolah Terapkan Belajar Daring

Dengan bertambahnya 61 kasus terkonfirmasi positif COVID-19, maka total terkonfirmasi 128.702 kasus. Sedangkan untuk pasien yang sembuh bertambah 1 orang total pasien sembuh 124.457 orang dan untuk pasieng yang meninggal dunia tidak terdapat pasien meninggal, total masih 4.125 pasien yang meninggal akibat Covid-19.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com