Kembali Gelar Donor Darah, Baitul Mal Aceh dan PMI Berhasil Kumpulkan 48 Kantong Darah

Banda Aceh, Transnews.co.id – Baitul Mal Aceh (BMA) bekerja sama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Banda Aceh kembali menggelar Donor Darah Tahap I Tahun 2021, Kamis (24/02/2022).

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor BMA itu berhasil mengumpulkan darah sebanyak 48 kantong. Jumlah tersebut melampaui target 25 kantong atau naik sekitar 92 persen.

Pelaksanaan donor darah kali ini juga diikuti oleh Sekda Aceh, dr. Taqwallah. Kedatangan Sekda Aceh disambut langsung oleh Anggota Badan BMA, Mohammad Haikal dan Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, yang juga ikut mendonorkan darahnya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran dan keikutsertaan Bapak Sekda untuk donor darah bersama para amil di kantor BMA. Semoga momen ini menambah semangat kita semua untuk berkontribusi bagi isu-isu kemanusiaan,” kata Mohammad Haikal.

baca juga :   Kadisdik Aceh Lepas Tiga Mobile Training Unit Menuju 12 SMK

Mohammad Haikal menjelaskan, kegiatan donor darah dijalankan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Di samping itu, prosesnya juga mengikuti prosedur donor darah oleh PMI, yaitu diawali dengan pengecekan kesehatan oleh tenaga medis, sehingga semua pendonor dipastikan dalam keadaan fit dan darah yang diperoleh berkualitas baik.

“Alhamdulillah, donor darah berjalan lancar sesuai protokol. Pak Sekda juga berhasil mendonorkan darahnya. Menurut catatan PMI, ini donor darah beliau yang ke-33. Sebelum meninggalkan BMA, Pak Sekda juga menyempatkan diri berdiskusi dengan pendonor lain, ” kata Mohammad Haikal.

baca juga :   Wali Kota Banda Aceh Apresiasi Kinerja saat Kunjungan ke Inspektorat

Sementara itu, Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden mengatakan aksi donor darah yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut dari surat Gubernur Aceh Nomor 440/1166, perihal Jadwal Donor Darah Tahap I Tahun 2022 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Aceh.

“Alhamdulillah pada aksi tahap pertama di tahun ini, BMA berhasil mengumpulkan darah 48 kantong. Ini 92 persen melampaui dari yang ditargetkan, yaitu sebanyak 25 kantong darah,” kata Rahmad Raden.

Rahmad menjelaskan sebagian amil ada yang tidak bisa mendonorkan darahnya karenakan faktor kesehatan, di antaranya karena konsumsi obat-obatan, kambuh alergi, kurang istirahat, kurang berat badan dan belum sampai waktu untuk donor.

baca juga :   KKN Mahasiswa STIE Yasa Anggana Gelar Seminar dan Donor Darah

Ia menambahkan saat ini kebutuhan darah di Banda Aceh dan sekitarnya mencapai 150 kantong per hari. Dengan aksi donor darah tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para amil dan seluruh pendonor yang mendonorkan darah di BMA. Sekantong darah yang Anda sedekahkan adalah nyawa bagi yang lain,” pungkas Rahmad Raden.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com