DAERAH  

Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan Rusunawa III MBR Kota Madiun

MADIUNtransnews.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) III bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Direktur Rumah Susun Ditjen Perumahan Aswin Grandiarto Sukahar mengatakan, Rusunawa III MBR berlokasi di Jalan Hayam Wuruk dibangun dengan Tipe 36/4 lantai berkapasitas 240 orang. Adapun biaya yang digunakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022-2023 sebesar Rp19, 422 miliar.

“Rusunawa III MBR di Kota Madiun berjumlah satu tower dan 60 hunian. Dua unitnya diperuntukan bagi difable,” terang Aswin saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI, Rabu (27/3/2024).

Menurut Aswin, Rusunawa MBR Kota Madiun ini sudah terhuni sebanyak 30 unit dan sedang persiapan relokasi DAK Integrasi, “adapun penyedia jasa konstruksi PT. Detiga Inti Teknik Sinergi – PT. Era Jaya Wijaya (KSO),. Sedangkan Manajemen Konstruksi PT. Bentareka Cipta,” tuturnya.

baca juga :   Dampak PPKM Darurat, Pemprov Jatim Gratiskan Sewa Empat Rusunawa Dua Bulan

Pimpinan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI, Sadarestuwati mengapresiasi upaya Kota Madiun dalam mengoptimalkan infrastruktur yang didanai pemerintah pusat dan akan memprioritaskan usulan mereka yang telah terbukti efektif.

“Dengan lahan yang sudah tersedia dan luas, Kota Madiun berada dalam posisi yang baik untuk menerima persetujuan untuk penambahan Rusunawa, yang akan mendukung upaya kota dalam menyediakan perumahan yang layak dan terjangkau bagi warganya,” ungkap Sadarestuwati.

Sementara itu, Walikota Madiun Maidi menyampaikan terimakasih atas dibangunnya Rusunawa MBR di Kota Madiun. Dua Rusunawa sebelumnya sangat baik bahkan kualitasnya setara dengan apartemen, “makanya saya minta dibangunkan lagi dan semoga terealisasi,” terangnya.

baca juga :   Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan Rusunawa Madiun

Penambahan Rasunawa, lanjut Maidi dinilai tepat karena memang dibutuhkan. Sebab, Kota Madiun termasuk daerah dengan wilayah yang kecil tetapi dengan jumlah penduduk yang padat, “dengan penambahan Rusunawa merupakan solusi yang tepat,” tuturnya.

Suryani (56) terlihat sangat bahagia sekali karena telah menempati Rusunawa bersama suaminya, “syukur Alhamduliillah kami ucapkan karena Rusunawa aman dan nyaman, bahkan dilengkapi pula dengan furniture dan air bersih,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Sungiatun (50) menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Rusunawa dan Pemerintah Kota Madiun. Rusunawa ini sangat bersih, nyaman dan aman, “harapannya agar harga sewanya tidak terlalu mahal,” tandasnya.

baca juga :   Kementerian PUPR Renovasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo 

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Nyoman Suaryana, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Rakhman Taufik, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV Sultan Sidik Nasution, Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Wilayah Jawa Timur Agus Kurniawan, Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi, dan Kepala Bidang Investasi Jalan Tol BPJT Zamhur Rimaldi Karnadi.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *