DAERAH  

Kerahkan 35 Relawan PMI Untuk Bersikan Lumpur Dan Sedot Sumur

Jember, Transnews.co.id – PMI Kabupaten Jember meneruskan kegiatan bersih-bersih rumah korban banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai (BMP) Sedikitnya 35 relawan yang masuk tim wash PMI melakukan bersih-bersih di ratusan rumah di BMP. Kegiatan itu dilakukan bersama relawan lain dan warga setempat. Selain di perumahan BPM banyak juga korban banjir di Perumahan Mangli Residence, Selasa (11/1/2022).

“Relawan langsung turun sejak ada kejadian Minggu (9/1) tetapi yang Selasa pagi diperlukan lebih banyak relawan, khususnya tim wash PMI untuk bersih-bersih material lumpur di rumah-rumah korban banjir,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Sedikitnya dua armada R4 dan 1 unit R3, dua alat sedot sumur serta dua mesin semprot material lumpur dikerahkan di Perumahan BMP Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Untuk penyedotan sumur dikoordinasikan dengan RW setempat karena tidak semua ada sumurnya. “Fokus aksi para relawan memang bersih-bersih rumah. Sebelumnya, relawan banyak membersihkan jalan dari lumpur dan kerikil serta sisa aspal yang mengelupas di jalan-jalan yang dilewati air banjir,” imbuhnya

baca juga :   PMR SMK 4 Pancasila Ambulu Kabupaten Jember Gelar Donor Darah

Rumah -rumah korban banjir di perumahan BMP dan Perumahan Mangli Residence banyak yang kemasukan lumpur yang dibawa air banjir. Ada beberapa rumah yang terendam air bercampur lumpur sampai 2 meteran sehingga perlu penyemprotan menyeluruh agar bersih dari lumpur. Untuk itu, PMI mengerahkan banyak personel relawan dan peralatan yang dibutuhkan.

baca juga :   Semarakkan Tajemtra 2022, PMI Jember Terjunkan 46 Peserta dan 10 Tim Medis

Elvana Kusdijanto, Kabid Pelayanan Markas PMI Kabupaten Jember menyatakan yang dibutuhkan korban banjir di Perum BMP memang pembersihkan sisa-sisa banjir. “Tim wash memang fokus membantu membersihkan rumah-rumah yang terdampak banjir. Kalau dilakukan manual butuh waktu lama, dengan dibantu tim wash pembersihan jauh lebih cepat,” ujar Elvana

Selain itu, tm wash juga melakukan pengurasan sumur warga yang terkena dampak banjir. “’Kalau ada sumur yang kemasukan air banjir kita bantu mengurasnya agar bersih kembali,” imbuhnya.

baca juga :   Ruas Jalan Kencong-Kasian, Jember Diperlebar

Hadi Sumarsono, salah satu tokoh warga perumahan BMP mengaku senang dengan adanya tim wash PMI. “Warga kami senang sekali adanya tim wash PMI, dengan peralatan PMI proses pembersihan lebih cepat dan lebih bersih,” ungkap mantan wakil pemred Jawa Pos Radar Jember tersebut. ( lrfak )

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com