KKG Gugus 2 Pariaman Tengah Sosialisasikan SKP Guru Terbaru

Pariaman, Transnews.co.id – Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 2 Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman mengadakan sosialisasi penyusuan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) guru terbaru Tahun 2022 terhadap seluruh guru kelas rendah dan tinggi gugus 2 Pariaman Tengah.

Sosialisasi yang di buka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Yurnal dilaksanakan di SDN 04 RAWANG Kota Pariaman, Sabtu (12/2/2022).

“Kegiatan seperti ini sangat bagus dilaksanakan sehingga saat mengerjakan SKP, tidak ada lagi istilah belum faham. Disdikpora Kota Pariaman sangat mengapresiasi kegiatan ini. SKP bukan syarat untuk kenaikan pangkat akan tetapi sebagai kontroling Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang dilaksanakan oleh para guru atau kepala sekolah dalam aktifitas mengajar selama satu tahun terakhir,“ ungkap Kabid Dikdas Disdikpora Kota Pariaman Yurnal usai membuka sosialiasi.

baca juga :   Dihari Pertama Puasa, Wawako Pariaman Hadiri Acara Sunatan Masal di Desa Palak Aneh

SKP adalah rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS. Target SKP harus disusun di awal tahun oleh PNS yang bersangkutan yang diketahui oleh atasannya. Target ini disusun sebagai kontrak kerja yang harus dilakukan oleh seorang PNS di tahun tersebut. Di akhir tahun, atasannya akan mengadakan penilaian terhadap ketercapaian target tersebut.

“Ikuti sosialisasi ini dengan serius sehingga apa yang telah ditargetkan oleh pelaksana kegiatan dapat tercapai. Kita mengetahui bahwa SKP memuat seluruh kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian, yang bersifat nyata dan dapat diukur. Jadi ini merupakan sosialiasi yang sangat penting bagi para guru,” tambahnya.

baca juga :   Walikota Pariaman Diamanahkan sebagai Ketua PB. Porserosi Provinsi Sumbar

Sementara itu Ketua KKG gugus 2 Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Fardian mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah agar guru mampu memahami SKP terbaru.

“Sosialisasi ini sengaja kita lakukan agar para guru lebih memahami sistem penilaian SKP terbaru. Karena sebelumnya penilaian SKP dilakukan hanya sekali dalam 1 (satu) tahun. Sementara untuk SKP terbaru penilaiannya dua versi, pertama dilaksanakan pada semester pertama bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2021 sesuai dengan PP nomor 46 tahun 2011, kedua penilaian SKP dilaksanakan bulan Juli sampai dengan Desember tahun 2021 sesuai dengan SE Menpan RB No.3 tahun 2021 dengan cara penilaiannya terkait dengan rencana kinerja atasan langsung yang ter intervensi,“ terangnya.

baca juga :   Pemkot Pariaman Salurkan Bantuan PKH dan BLT Minyak Goreng ke 4000 KPM

Sosialisasi penyusunan SKP menghadirkan pemateri Kepala sekolah SDN 01 Kampung Jawa 1 Kota Pariaman Desi Rahmawati. Penyusunan SKP bukanlah momok yang menyeramkan, karena semua sudah ada pedoman agar seluruh ASN mampu merencanakan, menindaklanjuti sehingga tercapai sasaran kinerja yang optimal.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut pengawas gugus 2 Kecamatan Pariaman Tengah Jasnimar, Ketua Kepala Sekolah Kecamatan Pariaman Tengah Ali Nusir, Ketua Kepala Sekolah gugus 2 Pariaman Tengah Nurida.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com