DAERAH  

Komunitas Dongeng Indonesia Bantu Trauma Healing Penyintas Erupsi Semeru

Lumajang, Transnews.co.id – Komunitas Dongeng Indonesia bekerjasama dengan layanan mobil keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengadakan trauma healing di Posko Penyintas Semeru, bertempat di SMP 2 Pasirian, Balai Desa Jarit dan Balai Desa Sumberejo.

“Trauma healing atau kami menamakannya pendampingan anak karena memang ada program kampung dongeng peduli yang programnya mengadakan pendampingan anak ketika ada bencana, juga ke Rumah Sakit untuk berbagi kebahagiaan dengan yang sakit dan juga ke panti asuhan,”kata Relawan Kampung Dongeng Indonesia dr. Aryzana Maharani saat dimintai keterangan, Senin (20/12/2021).

dr. Aryzana juga menjelaskan, bahwa Komunitas Dongeng Indonesia berasal dari sejumlah daerah seperti Madura, Temanggung dan Magelang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan hiburan pada anak-anak agar sisa trauma awan panas guguran (APG) Semeru tidak terlalu berdampak pada perkembangan psikologis mereka.

baca juga :   PMI Lumajang Bangun 20 Unit Huntara untuk Korban Erupsi Semeru

Lanjut dia,kegiatan tersebut didukung oleh Alumni Ilmu Perpustakaan UGM berupa buku-buku bacaan, Garuda Food, Yayasan An Nur Sidoarjo serta masyarakat yang peduli pada masyarakat terdampak APG Semeru.

baca juga :   Bocah Korban APG Gunung Semeru Dibekali Kesiapsiagaan Materi Melalui Donggeng, Menyanyi Dan Bermain Sulap

“Kami bekerja sama dengan Perpustakaan Lumajang karena selama ini program kami selalu disuport oleh perpustakaan dengan adanya mobil baca untuk menambah literasi anak,”lanjutnya.

Kegiatan itu diikuti oleh anak-anak yang tinggal di posko tersebut, termasuk juga anak-anak terdampak yang sementara ini tinggal di rumah-rumah warga.

Lokasi pertama di SMP 2 Pasirian, anak-anak dihibur dengan dongeng, bermain sulap berhadiah. Lokasi kedua dan ketiga dengan acara yang sejenis dengan pendongeng relawan.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com