MAKI Jatim Segera Rilis Data Diri Debitur Primkop UPN Veteran ke Media 

Reporter: HADI M
Editor: DM

167 seconds reading this post

SURABAYA,transnews.co.id – Pasca release Data diri, foto dan jumlah hutang para Debitur Primkop UPN Veteran, secepatnya MAKI Jatim akan membawa dugaan pelanggaran etik para ASN di lingkungan Primkop UPN Veteran ke KASN dan Kementerian Pendidikan, Dirjend Dikti

Pasca sidang lanjutan kasus korupsi yang menyeret 3 terdakwa pengurus Primkop UPN Veteran terkait pemberian kredit dari Bank Jatim syariah, MAKI Jatim secara kelembagaan mulai bergerak secara masif.

Sebagaimana disampaikan oleh Heru Ketua MAKI (Masyarakat Anti Korupsi Indonesia) Koorwil Jawa timur MAKI pada awak media, bahwa secepatnya, sesuai dengan surat pelimpahan kewenangan dan surat tugas dari pengurus Primkop UPN Veteran kepada MAKI Jatim secara kelembagaan, dalam hal melakukan penagihan debitur Primkop UPN Veteran, Heru MAKI akan mengambil langkah tegas, lugas dan terukur.

Salah satunya adalah, akan melakukan Pers Release untuk membuka data diri masing masing Debitur Primkop UPN Veteran yang masih mempunyai tunggakan puluhan, bahkan ratusan juta.

Hal tersebut secepatnya akan dilajukan, mengingat sejak bergulirnya kasus primkop UPN Veteran tersebut bergulir, tidak ada niat baik dari debitur yang notabene para ASN di UPN Veteran untuk menyelesaikan kewajiban hutangnya.

BACA JUGA :  Kapolda Jatim Pimpin Apel Operasi Patuh Semeru 2024

”Inilah fenomena luar biasa, para ASN di lingkungan Kampus UPN Veteran, Dunia Pendidikan, dimana kalau hutang semangat, giliran bayar pura – pura goblok seperti tidak punya hutang, gayanya,” jelas Heru MAKI.

Release debitur Primkop UPN Veteran yang akan disampaikan ke rekan rekan media dalam Pers Release tersebut, adalah Foto Debitur, Alamat Debitur, nomer hp debitur serta jumlah tunggakan hutang para debitur.

Release ke rekan – rekan media tersebut, akan menjadi dasar pelaporan dugaan pelanggaran kode etik ke Komite ASN (KASN) dan Kementerian Pendidikan, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

”Saya persilahkan dan mohom ditebalkan, BAGI PARA DEBITUR PRIMKOP UPN VETERAN YANG TIDAK TERIMA DATA DIRINYA DI RELEASE MAKI JATIM, SILAHKAN LAPOR KE PENEGAK HUKUM, SAYA HERU MAKI SIAP MENUNGGU 24 JAM APABILA ADA LAPORAN TERSEBUT DAN BIDANG HUKUM MAKI JATIM SIAP MELAYANI APAPUN LAPORAN DEBITUR PRIMKOP UPN VETERAN YANG TIDAK TERIMA DATA DIRINYA DIRELEASE, CATAT ITU,”ungkap Heru MAKI.

BACA JUGA :  Lahan Tebu Milik Pabrik Gula Semboro Terbakar

Dalam fakta persidangam, sesuai dengan data clusterisasi jumlah tunggakan hutang debitur Primkop UPN Veteran, memang terungkap bagaimana ketidak patuhan dan keengganan debitur dalam menyelesaikan hutangnya menjadi salah satu penyebab utama dalam Fraud pengelolaan keuangan Primkop UPN Veteran.

Terungkap juga, bagaimana debitur Primkop UPN Veteran yang masih memiliki tanggungan hutang kepada Primkop UPN Veteran, teridentifikasi juga menjadi saksi yang memberatkan bagi 3 terdakwa pengurus Primkop UPN Veteran.

”Bayangkan,sebelum kredit Bank Jatim Syariah cair, para debitur tersebut diberikan fasilitas kredit. Dan itu semua tercatat dengan detail. Kemudian ketika namanya dipakai sebagai data nominatif pengajuan kredit Bank Jatim Syariah, dimana pengajuan itu untuk mengganti uang yang mereka sudah terima.

Dalam persidangan, mereka keberatan namanya dipakai sebagai data, pertanyaannya, itu uang yang mereka terima sebelum kasus inun bergulir, uang siapa? Dan siapa yang bermain dibelakang ini semua, terlihat jelad kan?!” jelas Heru MAKI.

BACA JUGA :  Tekan Angka Laka Lantas, Polda Jatim Raih Juara Satu IRSMS Award

”Kok bisa mereka tega, terima uang hutangnya yang dipakai kebanyakan untuk kepentingan pribadi, ketika koperasi UPN veteran kolap, datanya dipakai sebagai pengajuan, kok malah mereka serempak memusuhi pengurus primkop UPN Veteran Yang notabene sudah berjuang sedemikian rupa berupaya YANG NOTABENE SUDAH mencarikan uang untuk memberikan fasilitas

Kredit bagi mereka. Sekarang mereka malah menjerumuskan pengurus PRIMKOP UPN Veteran.

Saya gagal faham, jeritan setan apa yang ada di otak dan pikiran mereka sebenarnya,” lanjut Heru MAKI.

Secepatnya pasca Idul Qurban, Pers Release akan dilaksanakan secara terbuka untuk rekan rekan media se Jawa Tegas Heru MAKI.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *