DAERAH  

Mojokerto Jadikan RPH Sekarputih Sebagai Pasar Hewan Sentralistik

Mojokerto, Transnews.co.id – Revitalisasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Sekarputih Kota Mojokerto menjadi salah satu dari proyek fisik strategis yang menjadi prioritas Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di tahun 2022.

Hal ini terungkap saat Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita, saat meninjau lokasi RPH Sekarputih usai melakukan gowes sepeda bersama sang suami Supriyadi Karima Saiful dan sejumlah Kepala OPD, Sabtu (16/4/2022).

Dijelaskan Ning Ita, nantinya RPH Sekarputih akan menjadi pasar hewan sentralistik yang di Kota Mojokerto.

Mengingat dua tahun pandemi ada refocusing anggaran maka tahun 2022 ini bisa dikatakan kembali ke kondisi normal, 40 persen APBD di alokasikan untuk infrastruktur, maka bisa dilihat banyak proyek- proyek fisik strategis yang sedang dikerjakan di tahun 2022.

baca juga :   Gerak Cepat Polda Jatim Ungkap Kasus Kematian Mahasiswi Asal Mojokerto

“salah satunya adalah pasar hewan yang sentralistik di Sekarputih, sapi, kambing, ayam, semuanya akan jadi satu disini dengan RPH nya, jadi tidak lagi terpisah-pisah,” ungkap Ning Ita.

Yustian Suhandinata Kepala Bidang Penataan Ruang, Bangunan Bina Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kota Mojokerto menjelaskan, pengajuan lelang revitalisasi RPH Sekarputih baru akan diajukan setelah hari raya dengan nilai lelang sekitar Rp4 miliar.

baca juga :   Bhabinkamtibmas Polresta Mojokerto Bedah Rumah Mbah Siti Badriah

“Sekarang masih proses perencanaan, target kami habis hari raya kita ajukan ke lelang, kita lelang terbuka nanti karena anggaranya sekitar Rp4 miliar,” jelas Yustian.

Ditambahkan Yustian, selain pasar hewan sentralistik, didalam kawasan RPH Sekarputih rencananya juga akan disediakan sejumlah kios untuk mengakomodir penjualan daging.

Sementara untuk pengelolaan limbah, Yustian mengaku akan membuatkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sesuai dengan standart RPH.

Nanti juga akan kita buat kan kios-kios untuk melayani baik penjualan untuk umum bisa juga melayani yang didalam pasar.

baca juga :   MB Buser Milik Ranggi King SF Raih Mobil Xpander

“Sementara untuk pengelolaan limbahnya, nanti IPAL nya kita buatkan juga sesuai dengan standartnya RPH, jadi limbahnya nanti diolah dulu,” katanya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com