Momentum Hari Koperasi Nasional Harus Menjadi Tonggak Kebangkitan Ekonomi Nasional

  • Bagikan

Momentum Hari Koperasi Nasional Harus Menjadi Tonggak Kebangkitan Ekonomi Nasional 

Oleh:Asep D Nasrudin, S.Sos

Ketua DPD Persatuan Penulis Independen Indonesia (PPII) Jabar

Setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional. Pada hari ini, Minggu 12 Juli 2020, diperingati Hari Koperasi Nasional ke-73. Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kongres tersebut merupakan Kongres Koperasi pertama yang diadakan di Indonesia dan ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. Pada kongres itu juga dibentuk Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) yang berkedudukan di Tasikmalaya.

Pada perkembangannya Koperasi semakin kuat badan hukumnya saat diterbitkan UU 12/1967 tentang Pokok-pokok Perkoperasian.

Koperasi yang telah terbukti menjadi tulang punggung nasional sekaligus pilar penting ekonomi Indonesia. Tak lama kemudian, pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden 62/2015 tentang Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Karena itu, momentum Hari Koperasi Nasional harus menjadi tonggak kebangkitan ekonomi nasional. Sebab koperasi di Indonesia menjadi basis eksistensi institusi ekonomi yang melibatkan banyak pihak dan kemudian menjadi ujung tombak kebangkitan ekonomi menghadapi krisis akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Ayo bangkitkan Ekonomi Nasional melalui Koperasi,sebab akibat pandemi ini segala sektor atau lini kehidupan terpukul”. ***berbagai Sumber

 159 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan