Pangdam XVI/Pattimura: Prajurit Kopassus Dididik dan Dilatih Khusus

Ambon, Transnews.co.id – Panglima Komando Militer Daerah (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, mengatakan para prajurit Kopassus adalah prajurit individu yang dididik dan dilatih secara khusus, untuk tugas khusus dengan perlengkapan khusus.

Disamping itu, Pangdam juga sempat membandingkan antara Kopassus dengan pasukan elit lainnya di dunia seperti Amerika Serikat, Australia, maupun negara-negara di Asia.

“Mereka belanja militernya lebih besar dari kita, ketika joint training kita bisa melihat perlengkapan dan persenjataan mereka sangat maju. Saya bilang kepada tentara kita, persenjataan kita tidak secanggih punya mereka, tapi orangnya tidak boleh kalah. Komando!,” seru Pangdam pada syukuran HUT Kopassus ke70 d Indoor Tapal Kuda Ambon, Rabu (20/4/2022).

baca juga :   Pangdam XVI/Patimura Kunjungan Kerja ke Kota Tidore Kepulauan

Di awal sambutan, Pangdam mengatakan syukuran ini sebagai tradisi korps yang mana Kopassus lekat dengan ikatan jiwa korsanya.

Di sela-sela sambutan, Pangdam bernostalgia dengan mengenang masa-masa dulu ketika masih berada di Kopassus. Pangdam mengatakan, para prajurit Kopassus adalah prajurit individu yang dididik dan dilatih secara khusus, untuk tugas khusus dengan perlengkapan khusus.

Pangdam mengatakan bahwa memang kemampuan prajurit Komando telah terbukti berhasil di berbagai event dan penugasan.

baca juga :   Satgas Yonarhanud 11/WBY Salurkan Bantuan Pangdam XVI/Pattimura Kepada Warga Korban Konflik di Pelauw

“Dengan semangat itu saya mengajak semua rekan-rekan, prajurit Kodam XVI/ Pattimura, jangan pernah berhenti berbuat yang terbaik dengan segala keterbatasan. Kita kelola semua keterbatasan dan kendala kita, dengan inovatif dan semangat militansi, juga libatkan Tuhan dalam segala hal. Pasti Tuhan kasih jalan,” ujar Pangdam melalui rilis yang diterima InfoPublik.id.

Sebelumnya Pangdam memimpin ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan Kapahaha Ambon.

Ziarah ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-70 Kopassus yang jatuh pada 16 April 2022 lalu.

baca juga :   Pangdam XVI/Pattimura Kunjungi Pos Kotis Satgas Batalyon Arhanud 11/WBY

Dengan mengenakan PDL loreng khas pasukan elit tersebut, Pangdam beserta rombongan melakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan tabur bunga.

Saat ziarah, Pangdam berkesempatan mengunjungi makam Brigjen TNI Anumerta Ignatius Slamet Riyadi yang merupakan pelopor terbentuknya Kopassus.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com