Pasar Wisata Cidaun Perlu Revitalisasi

Trannews,Cianjur-Kondisi pasar wisata di pantai Jayanti Cidaun Cianjur Jawa Barat perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah daerah. Sebab lokasinya berada persis di gerbang masuk wisata bahari pantai Jayanti.

Beberapa pengunjung Pantai Jayanti, Alex dan Nani, Kamis siang (7/3) mengatakan, sangat disayangkan pasar tersebut dibiarkan semrawut dan terkesan dibiarkan bangunannya seadanya. Padahal pasar wisata itu punya prospek cerah dan menjanjikan jika dikelola dengan baik.

” Pasar ini perlu direvitalisasi ke arah modern, sebab bisa menghasilkan pendapatan lingkungan dan masyarakat setempat. Stand oleh oleh untuk pengunjungpun tidak ada.Kenapa kok kesannya dibiarkan,” ujar Alek warga Bale Endah Bandung ini.

Ditempat yang sama Ruslan (36) pedagang buah warga Cidamar yang kesehariannya berjualan dipasar itu mengakui bahwa pasar ini sudah tidak layak dan harus segera diperbsiki dan ditata agar pengunjung ke Pantai Jayanti nyaman berbelanja oleh oleh.

Kata Ruslan pasar ini statusnya masih pasar desa Cidamar kecamatan Cidaun bukan pasar Pariwisata khusus. Makanya masih smrawut.

” Soal revitalisasi saya sangat setuju dan memang harus diperbaiki agar menjadi pasar wisata modern seperti pantai wisata lain yang sudah ada,” ungkapnya.

Kepala Desa Cidamar melalui Sekretaris Desa, Agus, diruang kerjanya belum lama ini menjelaskan pasar itu bagian dari Badan Usaha Milik desa Cidamar yang memang perlu penanganan serius sebab berada digerbang wisata Pantai Jayanti. Karena anggaran Dana Desa belum mencukupi atau sementara dialokasikan untuk program lain maka sementara tahun ini belum masuk di APBDes.

Tapi kami berupaya mengusulkannya diluar APBDes ke Pemerintah Provinsi agar ada bantuan Revitalisasi pasar itu tahun ini.” Proposal sudah kami ajukan, mudah mudahan tahun ini terealisasi,” kata Agus.

Sebagaimana diketahui diKabupaten Cianjur utamanya dibagian selatan,selain kerusakan jalan yang perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah ,juga masalah keberadaan pasar pasar tradisional yang sebagian kondisi bangunannya memprihatinkan.

Beberapa pasar tradisional misalnya dikecamtan Cidaun,Naringgul, Leles, Sindang Barang dan dikecamatan Argabinta yang berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi.Kmondisi pasar tradisionalnya seadanya bahkan bangunannya dibiarkan lapuk.

Padahal jika dikelola dengan baik termasuk sarananya memadai bisa mendongkrak pendapatan asli desa yang pengelolaannya oleh Badan Usaha Milik Desa.(nas)

 1,704 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.