DAERAH  

Pemprov Jatim Distribusikan Minyak Goreng ke 15 Kabupaten/kota

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat memberangkatkan truk pengangkut minyak goreng di Gedung Negara Jum'at (4/3/2022).

Surabaya, Transnews.co.id – Guna memenuhi kebutuhan dan menstabilkan harga minyak goreng, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) kembali mendistribusikan minyak goreng ke pasar tradisional yang ada di 15 kabupaten/kota.

Pelepasan dilakukan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Jumat (4/3/2022) malam.

Gubernur Khofifah mengatakan, Pemprov terus melakukan sinergitas dengan Kemendag, RNI, PPI, APPMGI untuk memaksimalkan, memenuhi kebutuhan, dan menekan harga minyak goreng bagi masyarakat di Jatim.

Sehari sebelumnya, Kamis (3/3/2022) Pemprov mengirim ke 17 kabupaten/kota, dan hari ini Jumat (4/3/2022) ke 15 kabupaten/kota. Sementara sisanya enam kabupaten/kota akan dilakukan pada Sabtu (5/3/2022).

“Kami semua bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait kelangkaan minyak goreng di 38 kab/kota. Tolong tetap tenang dan bangun suasana nyaman di masing-masing titik, harapan kami HET akan diakses masyarakat di pasar-pasar tradisional,” imbuhnya.

baca juga :   UINSA Surabaya Kukuhkan Delapan Guru Besar Baru

Dijelaskan, dengan terpenuhinya kebutuhan akan membangun ketenangan, rasa aman terhadap seluruh pedagang maupun masyarakat. Sehingga akan memberikan penguatan semua pihak, utamanya pedagang kaki lima, para penjual gorengan, pengusaha katering, hingga ibu rumah tangga dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

“Tadi saya ke Pasuruan masih di atas HET, artinya yang dijual bukan distribusi dari tanki. Mudah-mudahan setelah mereka mendapat dari pembagian truk tanki, di Pasuruan dan titik-titik yang lain diikuti kedispilinan pedagang sampai ke konsumen, HET premium Rp14 ribu per liter,” ujarnya.

baca juga :   Pemprov Jatim Dukung Perbakin Inisiasi Lapangan Tembak Baru Hipakad Shooting Club Surabaya

“Secara khusus kami berterima kasih atas upaya Kemendag yang memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa kenal waktu. Begitu pula RNI, PPI dan APPMGI,”pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga membagikan paket sembako kepada 20 pengemudi truk yang bertugas mengirimkan minyak goreng ke 15 kab/kota tersebut. Di dalam paket sembako sudah disertakan minyak goreng.

Sementara itu Kadiisperindag Jatim, Drajad Irawan mengatakan, pemberangkatan minyak ke 15 kabupaten/kota ini merupakan rangkaian pendistribusian minyak goreng sebanyak 3.500 Ton yang dikirim ke 17 kabupaten/kota pada Kamis (3/3/2022) malam dengan difasilitasi Kemendag.

Lebih lanjut, dijelaskan, beberapa daerah yang dikirim hari ini adalah Sumenep, Pamekasan, Sampang, Banyuwangi, Situbondo, Jember, Malang, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Blitar, dan Pasuruan.

baca juga :   Selamatkan Bangsa Dengan Mewujudkan Kampung Tangguh Bersih Narkoba

“Diharapkan pengiriman 3.500 ribu ton minyak ini bisa diselesaikan pada 3 – 4 hari ini. Kemudian setalah 3.500 ton selesai pihak pemerintah kembali mendistribusikan 4.000 ton dipasaran sampai harga minyak di pasaran kembali normal.

Sesuai permendag nomor 6 tahun 2022, tentang harga eceran tertinggi (HET) bisa terwujud, yaitu HET minyak premium Rp14.000, minyak sederhana Rp13.500, dan minyak curah Rp 11.500, “pungkasnya. (hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com