DAERAH  

Pemprov Jatim Gelar Pelatihan Pengembangan Web Service

Surabaya , Transnews.co.id –Guna mengingkatkan kualitas layanan melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim mengadakan pelatihan pengembangan web service.

Pelatihan tersebut dinilai penting, sebab pengelola data diharapkan mampu memahami proses komunikasi data dengan mengembangkan komunikasi data antar aplikasi tanpa harus mengembangkan aplikasi baru.

Pelatihan yang dilaksanakan di kampus Universitas 17 Agustus ( Untag), Kamis (23/9/2021) tersebut menghadirkan pembicara yang juga akademisi bidang Teknologi Informasi (TI) dari Untag Surabaya, Agus Hermanto.

baca juga :   Wagub Emil Dardak: Pemprov Jatim Belum Pastikan Gelar Mudik Gratis

“Pelatihan ini memang sangat diperlukan, karena selama ini terjadi hambatan dalam komunikasi data dan informasi lembaga pemerintah, khususnya terkait Layanan-layanan yang terdapat dalam SPBE,” ujar Kepala Seksi Aplikasi TIK, Bidang APTIKA Dinas Kominfo Jatim, Ahmad Fadhil Khusni.

Materi pelatihan tersebut, antara lain mengenai pengantar Application Programming Interface (API), Pengantar Laravel dan Otentifikasi keamanan API dalam mengembangkan web service.

Pelatihan diikuti dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkunga Pemprov Jatim, antara lain Dinas Perhubungan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas PU Sumber Daya Air, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

baca juga :   Pemprov Jatim Guyur 2,7 Juta Liter Minyak Goreng ke Kabupaten/Kota di Jatim

Narasumber pelatihan, Agus Hermanto, mengatakan, perwakilan dari OPD yang mengikuti pelatihan sudah mempunyai dasar kompetensi yang cukup baik. Dengan demikian, dapat memahami dan menyerap materi dengan baik.

“Tingkat partisipasi peserta bagus karena tidak ada yang terlambat, hadir terus selama empat hari dan mampu menyelesaikan studi kasus yang saya berikan,” katanya.

baca juga :   Emil Dardak Berharap Pusat Industri Halal Segera Terwujud

Agus berharap, kompetensi peserta yang telah diperoleh agar dapat segera diimplementasikan di OPD masing-masing dan saling berkoordinasi agar tahapan menuju satu data Indonesia dapat segera diwujudkan.tegasnya.(HD)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Sumber Berita