Pemprov Riau Bersama Forkopimda Siap Atasi Karhutla

  • Bagikan

Teluk Kuantan, Transnews.co.id – Gubernur Riau Syamsuar melanjutkan agenda Safari Ramadan 1443 H ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Bertempat di Masjid Raya Taluk Kuantan, Selasa (19/4/2022).

Dalam sambutannya Syamsuar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan, antusiasme dan doa dari masyarakat terhadap agenda syafari ramadahannya.

Ada beberapa poin yang disampaikan Gubernur Riau di antaranya, pertama Pemerintah Provinsi Riau bersama pemerintah kabupaten/kota (Pemkab) telah menetapkan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan mulai 21 Maret – 30 November 2022.

“Sudah dapat gambaran dari BMKG, kami dari satgas Provinsi Riau bersama Forkopimda sudah sedia untuk mengatasi kebakaran lahan. Alhamdulillah dapat terkendalikan, sehingga tidak ada lagi bencana asap,” ujar gubernur.

Poin kedua, Bank Riau Kepri sedang dalam proses perubahan anggaran dasar, anggaran rumah tangga yang akan mendekati syariah bersama. Gubri menuturkan perkembangan Syariah di Riau cukup luar biasa, hal ini dibuktikan dengan diberikannya tiga kategori anugrah kepada Pemprov Riau yaitu ekonomi syariah, industri halal dan ekonomi hijau.

Baca Juga :   Selama 2021, Pemprov Riau Bangun 195 RKB dan 116 Labor Sekolah

Tiga kategori di atas menurut Syamsuar perlu dikembangkan lagi potensinya di Riau melihat sumber daya Riau yang mendukung hal tersebut.

“Apa saja produk di Riau ini yang di pasar dunia tidak menjadi halangan dalam hal pemasarannya akan kita pertahankan dan perbaiki sehingga kedepan ekonomi syariah ini betul – betul menjadi andalan Indonesia,” ujarnya.

Ketiga, Pemprov Riau tahun ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp284 miliar. Termasuk bagi hasil pajak. Pemprov juga memberikan beberapa bantuan kepada rumah layak huni yang regulasinya melalui Bupati. Selain itu ada juga bantuan untuk desa, tujuannya yaitu untuk membangun dan mempercepat ekonomi desa.

“Termasuk didalamnya anggaran untuk guru mengaji tahfiz Al- Qur’an,” tambah Syamsuar.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau tahun 2021 berkembang menjadi 3,36 persen.

“Kami juga membuat peraturan Gubernur tentang penetapan tandan buah segar yang tujuannya untuk mengatur harga yang berkaitan dengan sawit ini agar tidak diakali, untuk melindungi petani sawit,” jelas Syamsuar.

Baca Juga :   Polres Barito Selatan Ikuti Apel Sarpras Penanggulangan Karhutla dan Banjir

Dia juga berharap dukungan masyarakat dan pihak terkait untuk menggerakkan secara massif program pemerintah anak Qur’an untuk menghidupkan keislaman yang ada di bumi melayu ini.

Pihaknya telah menyiapkan Syarhil Qur’an Center Riau tujuannya agar Riau memiliki pusat kajian Al – Qur’an agar semakin banyak penghafal Qur’an dan Hadist di Riau.

“Dalam rangka penghafal hadist Riau menempati ranking 7 nasional pada musabaqah tilawatil quran. Kami juga memberikan beasiswa kepada anak yang kuliah di PTIQ bagi anak laki – laki dan di Institut Ilmu Al – Qur’an bagi anak perempuan,” ujar gubernur.

Dia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah berkerjasama dengan dunia industri dan SMK termasuk yang ada di Taluk Kuantan yang bertujuan agar anak – anak memiliki keterampilan, keahlian dan sertifikasi sehingga akan berdampak mengurangi angka pengangguran.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan kualitas sekolah, pemerintah telah melakukan uji coba terhadap dua sekolah yang ada di Riau yaitu SMAN Pintar Kuansing dan SMAN Plus Pekanbaru berkerja sama dengan SMA Taruna Nusantara. “Hal ini dalam rangka untuk menyiapkan kualitas anak – anak,” tutupnya.

Baca Juga :   FKPP Provinsi Riau Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

Turut hadir dalam kegiatan, Gubri Syamsuar, PLT Bupati Kuansing Suhadirman Amby, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin, Direktur Kredit dan Syariah Bank Riau kepri Tengkoe Irawan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Boby Rachmat, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Herman Mahmud, Kadis Komunikasi, Informasi dan Statistik Riau Erisman Yahya, Karo Kesra Setda Pemprov Riau Zulkifli Syukur dan pejabat terkait lainnya.

 66 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan