DAERAH  

Pemprov Sumbar Targetkan Dua Ribu Kantong Darah selama Ramadan

Padang, Transnews.co.id – Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah menargetkan 2.000 kantong darah selama Ramadan.

Demi memenuhi kebutuhan pasokan kantung darah selama Ramadan, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumbar, bekerja sama dengan SJS Plaza menggelar aksi kegiatan donor darah selama Ramadan, sejak Sabtu (2/4/2022), di SJS Plaza, Jl. Jhoni Anwar, Kota Padang.

Gubernur Sumbar saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada para relawan atau pendonor sukarela yang turut membantu mencukupi kebutuhan darah saat ini.

“Kegiatan donor darah ini untuk mengatasi kebutuhan darah selama Ramadan ini, Kota Padang sendiri tercatat sudah mempunyai kas darah di setiap posko PMI yang tersebar di 104 kelurahan,” terangnya.

baca juga :   Gubernur Sumbar Luncurkan Program Pemuda Kembali ke Surau

Selain itu gubernur, menjanjikan akan mengumrohkan warga yang rajin donor darah sebagai upaya untuk memotivasi masyarakat untuk rajin melakukan kegiatan sosial tersebut.

“Demi memotivasi para relawan kita umrahkan bagi siapa saja yang melakukan donor darah sebanyak 150 kali secara rutin,” ujarnya.

Gubernur menyebutkan dengan adanya aksi tersebut bisa memotivasi pendonor untuk turut andil memenuhi kebutuhan pasokan darah selama Ramadhan. Ia juga berharap target pasokan darah selama bulan puasa ini bisa mencapai 2 ribu kantong darah.

baca juga :   Gelar Donor Darah, Dispora Aceh Berhasil Kumpulkan 49 Kantong

Dalam kesempatan itu, gubernur juga ikut langsung mendonorkan darahnya bersama dengan para pendonor sukarela lainnya.

Mendukung hal tersebut, Wali Kota Padang Hendri Septa, juga menjanjikan akan mengumrohkan warga Kota Padang yang mendonorkan darahnya sebanyak 130 kali secara rutin.

Hendri mengungkapkan untuk bisa berdonor sebanyak 130 kali warga harus berdonor sekali dua bulan atau enam kali per tahun.

“Jika sejak SMA saja seorang remaja sudah rutin berdonor, artinya dalam waktu 23 tahun atau memasuki usia 40 tahun, artinya sudah bisa berdonor sebanyak 130 kali dan sudah bisa berangkat umrah,” ujarnya.

baca juga :   Gubernur Sumbar Apresiasi Bantuan Peduli Gempa Rp125 juta dari Pemprov Jambi

Kegiatan tersebut ditutup dengan penyerahan cenderamata dari direktur SJS Plaza Kota Padang, Edward Pasaribu kepada Gubernur Sumbar, Walikota Padang, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi, Ketua PMI Kota Padang, Zulhardi dan Kepala Markas PMI Provinsi Sumbar, Hidayatul.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com