PMI Dorong Siswa Menjadi Pendonor Pemula, SMAN 4 Jember Gelar Donor Darah

JEMBER, transnews.co.id || Puluhan siswa SMAN 4 Kabupaten Jember melaksanakan kegiatan donor darah yang digelar PMR Wira SMAN 4 Jember bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember, Jumat (26/1).

Hasilnya, 41 kantong darah disumbangkan kepada UDD PMI Kabupaten Jember.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada siswa SMAN 4 Jember, khususnya yang baru pertama kali donor darah,” kata Lilik Ni’amah, STP, MSi, Wakil Sekretaris PMI kabupaten Jember didampingi Humas PMI Kabupaten Jember Ghufron Evian Efendi di acara tersebut. Bahkan, mereka ikut donor darah.

Lilik berharap para pendonor pemula ini akan menjadi ujung tombak relawan pendonor darah di Kabupaten Jember.

baca juga :   Bocah Korban APG Gunung Semeru Dibekali Kesiapsiagaan Materi Melalui Donggeng, Menyanyi Dan Bermain Sulap

“Kami harap makin banyak pendonor pemula dari SMAN 4 Jember dan SMA, SMK atau MA lainnya. Tidak hanya untuk saat ini tetapi juga untuk masa akan datang” kata Mbak Niam sapaan akrab Lilik Ni’amah, STP, MSi.

Mantan Anggota Legislatif Kabupaten Jember dua periode ini, mengajak kantor cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur (Jatim) Wilayah Jember juga proaktif. “Agar jumlah relawan pendonor pemula semakin banyak sehingga stok darah di UDD PMI Kabupaten Jember terus terjaga. Kebutuhan pasien-pasien rumah sakit di Kabupaten Jember dan sekitarnya tercukupi,” imbuhnya.

kepala SMAN 4 Jember Drs Eddy Prayitno, M. Pd menegaskan dukungannya tehadap kegiatan donor darah. Menurutnya, setetes darah bisa menyelamatkan sesama manusia yang sedang membutuhkan darah di rumah sakit.

baca juga :   Alfamart Kembali Melakukan Rangkaian Kegiatan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam Gunung Semeru

“Maka kami suport penuh kegiatan PMR wira SMAN 4 Jember untuk kegiatan donor darah. Tidak hanya siswa, para guru dan karyawan juga kami minta untuk ikut donor darah,” tandasnya.

Sementara, Ketua PMR Wira SMAN 4 Jember Elvina Zaneta menyatakan  kegiatan donor darah rutin dilaksanakan, salah satunya kegatan donor darah Jumat ini. “Kami PMR Wira SMAN 4 Jember sudah rutin menggelar donor darah. Hampir setiap kegiatan donor darah ada pendonor darah pemula yang baru pertama kali ikut donor darah,” katanya.

baca juga :   Desa Weringintelu Salurkan BLT Kepada 111 Keluarga Penerima Manfaat

Dia menjelaskan, PMR Wira SMAN 4 Jember memiliki program kerja untuk aktif sosialisasi tentang PMI, khususnya donor darah dan kegiatan kerelawanan kepada siswa. “Kegiatan sosialisasi sudah menjadi kegiatan rutin. Pertama sosialisasi donor darah, yang kedua sosialisasi tentang kepalangmerahaan seperti relawan kemanusiaan dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com