Percepatan Vaksinasi Covid-19, Dinkes Palembang Datangi Rumah Lansia

Palembang, Transnews.co.id – Sebagai upaya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi orang lanjut usia (lansia), tim Dinas Kesehatan Kota Palembang melakukan jemput bola, yakni dengan mendatangi rumah-rumah lansia yang belum divaksinasi.

“Capaian vaksinasi kelompok lansia masih tergolong rendah. Untuk melakukan percepatan hingga sesuai target minimal 70 persen pada akhir tahun ini dilakukan pelayanan dari rumah ke rumah (door to door),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr. Fenty Aprina, Kamis (16/12/2021).

Dia menjelaskan, hingga pertengahan Desember 2021 ini, capaian vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lansia dosis pertama sekitar 52 persen atau 65.565 orang. Sedangkan realisasi pelayanan vaksinasi untuk lansia dosis kedua sekitar 42 persen atau 53.078 orang.

baca juga :   Wakil Walikota Pekanbaru Sebut Masalah Kesehatan jadi Kendala Capai Vaksinasi Lansia 60 Persen

Rendahnya capaian vaksinasi lansia di Ibu kota Provinsi Sumsel itu salah satu penyebabnya adalah terbatasnya kemampuan fisik untuk mengunjungi fasilitas kesehatan dan tempat yang menyelenggarakan pelayanan vaksinasi massal. “Karena itu kita menurunkan tim untuk memberikan pelayanan vaksinasi ke rumah lansia,” kata Fenty.

baca juga :   579.760 Warga Kepri Sudah Mendapat Suntikan Vaksin

Melalui pelayanan secara ‘door to door’ itu diharapkan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lansia tercapai sesuai target dan kekebalan komunal (herd immunity) bisa terwujud pada akhir 2021 ini.

Sementara itu capaian vaksinasi COVID-19 secara umum Kota Palembang paling tinggi dibandingkan dengan 16 kabupaten/kota dalam wilayah Sumsel lainnya.

“Capaian vaksinasi COVID-19 di kota ini sekitar 6,3 juta jiwa atau 70 persen lebih dari jumlah penduduk, capaian vaksinasi tersebut tertinggi di Sumsel,” demikian Fenty.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com