Polda Riau Diminta Tingkatkan Edukasi COVID-19 kepada Masyarakat

Pekanbaru, Transnews.co.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Polda Riau dan jajarannya agar meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19, disiplin penggunaan masker dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Selain itu, Polda Riau dan jajaran juga diperintahkan agar intensif membagikan masker kepada masyarakat.

Perintah Kapolri ini disampaikan kepada Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal saat mendampingi pimpinan Polri itu berkunjung ke Isoter Asrama Haji, Kamis (24/2/2022).

Menanggapi perintah itu, Iqbal menyatakan akan mengebut vaksinasi dan meningkatkan disiplin penggunaan masker, memberikan edukasi serta pembagian masker.

Perintah ini, lanjut mantan Kadivhumas Polri ini sudah menginstruksikan seluruh jajarannya di wilayah menggalakkan kampanye prokes, termasuk mengajak semua pihak juga sektor industri hingga perkantoran untuk melaksanakan prokes.

baca juga :   Resmikan Rumah Ibadah di Kepri, Kapolri: "Bagian Etalase Kerukunan dan Toleransi Beragama"

“Saya perintahkan seluruh kasatwil untuk menggenjot vaksinasi. Tadi juga Bapak Kapolri mengingatkan kepada kami untuk meningkatkan lagi disiplin penggunaan masker. Saya perintahkan anggota di lapangan untuk memberikan edukasi, menegur masyarakat, dan tentunya membagi-bagikan lagi masker di wilayah,” tegas Iqbal.

Lanjutnya, langkah ini juga merujuk prediksi Satgas COVID-19 Pusat, tren penyebaran COVID-19 mulai bergerak keluar Jawa-Bali.

“Namun, meskipun Riau kasusnya lebih rendah dari provinsi-provinsi luar Jawa-Bali, tidak akan menghentikan ikhtiar memutus penyebaran COVID-19. Seluruh Forkopimda di Riau juga punya komitmen yang sama untuk memutus mata rantai COVID-19,” jelas Iqbal.

baca juga :   Kapolri Salurkan Bantuan di Jawa timur Sebanyak 2.500 Paket Sembako pada Buruh

Masih kata Iqbal, kepada Kapolri, ia menyatakan pihaknya akan memprioritaskan penanganan COVID-19 di wilayah hukumnya dengan menggesa vaksinasi, baik dosis kedua hingga booster untuk anak-anak serta lansia dipercepat berikut dengan meningkatkan protokol kesehatan di Riau.

“Kami akan mendorong vaksinasi booster, sehingga bisa memberikan penguatan serta perlindungan kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini,” kata Iqbal.

Pihaknya juga memastikan akan mengedukasi masyarakat Riau, agar tetap tenang dan tidak panik menghadapi lonjakan COVID-19 seperti arahan Kapolri.

“Untuk vaksinasi dosis pertama di Riau sudah mencapai 92,17 persen, sementara dosis kedua 65,87 persen, sedangkan dosis booster 4,11 persen. Namun, untuk dosis pertama vaksinasi kelompok lansia sudah 65,88 persen,” papar Kapolda.

baca juga :   Irjen Ferdy Sambo Dicopot dari Kadiv Propam Polri

Dalam kegiatan itu, Kapolda Riau bersama Kapolri mengunjungi Isoter Asrama Haji Provinsi Riau di Pekanbaru, dan menyapa sejumlah pasien sekaligus melihat pelayanan serta fasilitas isoter tersebut.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com