Satlantas Batang Survei Akses Menuju Destinasi Wisata

Batang, Transnews.co.id – Satlantas Polres Batang menggelar survei ke sejumlah akses menuju destinasi wisata. Nantinya petugas akan melakukan rekayasa lalulintas menuju akses wisata, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.

“saat ini kami berada di jalur menuju Pantai Jodo. Akses tersebut sudah menjadi langganan macet saat pemudik berwisata,” katanya, saat ditemui, di sepanjang jalan menuju Pantai Jodo, Kabupaten Batang, Kamis (28/4/2022).

Ia menerangkan, rekayasa lalulintas akan diberlakukan apabila ada masyarakat yang akan berwisata ke Pantai Jodo.

“Jalur-jalur yang kami pantau antara lain mulai dari Pantura menuju Pantai Jodo sepanjang 3 kilometer, apabila ada kendaraan bermotor berpapasan bisa menimbulkan kemacetan,” katanya.

baca juga :   Bupati Batang Prioritaskan Warga Kecamatan Gringsing untuk Kerja di KIT

Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah digelar, seperti jalur menuju destinasi wisata Sikembang Park, Waikambang dan Pagilaran.

“Kolaborasi juga dilakukan bersama beberapa instansi terkait. Ada beberapa jalan yang harus diperbaiki dan dipasang rambu-rambu petunjuk untuk memudahkan wisatawan mengetahui akses menuju jalur wisata,” jelasnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Disparpora Batang Yarsono, meyakini lebaran tahun ini akan berbeda dengan dua tahun lalu, yang tidak terlalu menimbulkan kepadatan.

Namun sejak diizinkannya mudik, bisa dipastikan akan timbul kepadatan di beberapa destinasi wisata, baik yang bernaung di bawah Disparpora maupun yang dikelola oleh masyarakat.

baca juga :   Pantai Wisata Dewi Pulo Putri Jadi Sorotan Publik, Warga Duga BUMDES Lakukan Pungli

“Destinasi yang kami ampun yakni Pantai Sigandu, Pantai Ujungnegoro, Ecopark Bandar dan THR Kramat. Kemudian destinasi wisata yang dikelola masyarakat yang namun bersinergi dengan Disparpora seperti Pantai Jodo, Desa Wisata Pandansari, Pagilaran dan Sikembang Park serta destinasi wisata yang murni dikelola masyarakat yaitu Forest Kopi, Waikambang dan Safari Beach Jateng,” terangnya.

Beberapa destinasi wisata yang rawan menjadi pusat kemacetan antara lain : sepanjang pantai Sigandu sampai Pantai Jodo. Selain itu, diprediksi akan terjadi kepadatan di destinasi wisata Waikambang karena memiliki wahana yang baru.

baca juga :   Libur Tahun Baru, Tempat Wisata di Palangka Raya Ketatkan Prokes

Koordinasi sejak awal telah dilakukan dengan TNI/Polri, BPBD, Satpol PP untuk mengurai kemacetan di titik-titik destinasi yang rawan kemacetan.

“Terima kasih Bu Kasatlantas sudah melakukan upaya-upaya yang bisa mengurai kemacetan di sana,” ujar dia.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com