Satlantas Polres Kebumen Cek Kesiapan Jalur Jelang Mudik

Kebumen, Transnews.co.id – Satuan Lalu Lintas Polres Kebumen mulai melakukan pengecekan jalur dalam rangka persiapan arus lebaran tahun 2022.

Dipimpin langsung Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama didampingi Kasat Lantas AKP Tejo Suwuno, pengecekan dimulai dari melihat langsung kegiatan pemasangan pipa Pertamina di Jalan Kedungbener yang melintas jalan nasional, Senin 11 April 2022.

Di lokasi ini Kapolres melihat dan mengecek sudah sejauh mana proges pembangunan pemasangan pipa di jalan utama Kebumen yang menjadi jalur utama arus lalulintas antar provinsi. Selain pengecekan kondisi jalan yang akan dilalui pemudik, proyek pemasangan pipa Pertamina menjadi sasaran utama pantauan Kapolres karena dalam waktu dekat akan menghadapi Operasi Ketupat Candi 2022.

“Hari ini kita cek sejauh mana progres pengerjaan proyek pemasangan pipa Pertamina, baik yang ada di jalur utama atau di jalur alternatif,” jelas Kapolres saat mendatangi lokasi pemasangan pipa pertamina di Jalan Kedungbener, Senin 11 April 2022.

baca juga :   Jalur Puncak Bogor Diprediksi Macet Parah H+1 Lebaran

Sedikitnya ada enam titik lokasi proyek pemasangan pipa pertamina yang menjadi pantauan khusus Polres Kebumen jelang Operasi Ketupat Candi 2022, yaitu Jalan Raya Kedungbener Desa Jatisari, Jalan Raya Kebumen-Kutoarjo, Jalan Lingkar Selatan Kebumen Desa Muktisari, Jalan Raya Simpang Lima Sruweng, Jalan Yos Sudarso Pertigaan Sangkal Putung Gombong dan Jalan Yos Sudarso Desa Selokerto.

“Diharapkan nantinya saat arus pemudik mulai terjadi matrial-matrial tanah ini dapat segera dibersihkan untuk menghindari gangguan terjadinya kecelakaan,” harap Kapolres.

Kapolres menambahkan dari hasil analisa Koorlantas dan Dinas Perhubungan akan terjadi lonjakan arus pemudik pada tahun ini dikarenakan adanya perlonggaran dari pemerintah menghadapi musim lebaran tahun 2022.

baca juga :   Kemenkes Lepas Tim Pemantauan Pos Kesehatan Mudik Lebaran 2022

“Diperkirakan besok akan ada sekitar 21,8juta pemudik melintas dan masuk wilayah Jawa Tengah, termasuk Kebumen baik sebagai tujuan mudik atau perlintasan. Maka dari itu keamanan dan kenyamanan pemudik harus kita utamakan,” tambahnya.

Dalam rangka persiapan arus mudik dan balik menjelang Operasi Ketupat Candi Tahun 2022, pembangunan pipa Pertamina yang berada di jalan nasional akan dihentikan sementara pada H-15 sebelum lebaran, dan dilanjutkan kembali setelah lebaran.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono menambahkan ada beberapa ruas jalan, baik di Jalan Utama Nasional dan Jalan Alternatif kondisinya rusak dan membahayakan pengendara jalan. Seperti di Jalan Raya Guyangan – Petanahan, lubang-lubang besar hampir terjadi di semua sisi jalan.

“Pengendara atau pemudik diminta ekstra hati-hati saat melintas jalur tersebut karena hampir di semua bagian jalan berlubang,” jelas Kasat Lantas.

baca juga :   Dirlantas Polda Jatim Cek Jalur Mudik Perbatasan

Tejo menyampaikan hasil pengecekan jalur di wilayah Kabupaten Kebumen masih ada beberapa ruas jalan yang perlu diperbaiki untuk kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Selain kondisi jalan yang harus diperbaiki, kata dia, perlu ada pemasangan rambu-rambu, dan penerangan jalan umum yang masih minim.

Tejo menambahkan secara keseluruhan personel Satlantas Polres Kebumen sudah siap untuk melakukan pengamanan jalur saat mudik Lebaran.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com