Sekolah hingga Kampus, Menjadi Basis Aksi Donor Darah Sukarela 

JEMBER, transnews.co.id – Korps Sukarela (KSR) Unit UIN KHAS Jember dan Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Jenggawah serta SMK 4 Pancasila punya cara unik memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Tiga lembaga menggelar aksi donor darah bersamaan pada Kamis (15/6). Hasilnya, puluhan kantong darah disumbangkan ke UDD PMI Kabupaten Jember.

Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni. Tahun ini tema yang diusung adalah Kami Hidup Karena Kami Memberi, Berikan Darahmu, Berikan Plasmamu, Bantu Kehidupan, Bantu Sesama.

Nanda Mayang Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember mengatakan kegiatan donor darah hari ini dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia sekaligus sosialisasi manfaat donor darah.

baca juga :   Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Pengadilan Negeri Jember Di Sterilisasi

“Tujuan kegiatan ini sebagai peringatan hari donor darah sedunia, selain itu kami mengajak mahasiswa untuk mendonorkan darahnya yang sangat banyak manfaat kesehatan bagi pendonor. Dan Sejauh ini partisipasi mahasiswa sangat tinggi untuk berdonor,” kata Nanda Mayang.

Sementara itu Kabid Pelayanan Markas PMI Kabupaten Jember Elvana Kusdijanto menyampaikan bahwa, “peringatan hari donor darah sedunia dipusatkan di kampus dan sekolah yang menjadi sasaran kegiatan donor darah sukarela. “Kampus dan sekolah-sekolah di Kabupaten Jember menjadi basis pelaksanaan donor darah,” kata Elvana Kusdijanto.

baca juga :   Pemprov Sumbar Targetkan Dua Ribu Kantong Darah selama Ramadan

Menurutnya, “kampus dan sekolah menjadi tempat berkumpulnya generasi muda yang tujuan besarnya adalah pertama untuk pembelajaran. “Tujuan kedua untuk pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Jember,” ujar Elvana Kusdijanto.

Berdasarkan data informasi stok darah PMI Kabupaten Jember pada hari Kamis, 15 Juni 2023 pukul 10.50 Wib, tercatat golongan darah A komponen darah WB sebanyak 5 kantong, PRC =37, TC =11 dan FFP = 14 Kantong, sedangkan golongan darah B komponen darah WB = 5 kantong, PRC = 75, TC = 4 kantong dan FFP = 18 Kantong.

baca juga :   Kajari Jember Ajak Masyarakat Donor Darah

Untuk golongan darah AB jenis komponen darah WB = 1 kantong, PRC = 30, TC = 3 kantong dan FFP = 3 Kantong, dan golongan darah O jenis komponen darah WB = 7, PRC =36, TC = 8 dan FFP = 18 Kantong.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com