Sekolah hingga Kampus, Menjadi Basis Aksi Donor Darah Sukarela 

Reporter: Irfak
Editor: DM

JEMBER, transnews.co.id – Korps Sukarela (KSR) Unit UIN KHAS Jember dan Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Jenggawah serta SMK 4 Pancasila punya cara unik memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Tiga lembaga menggelar aksi donor darah bersamaan pada Kamis (15/6). Hasilnya, puluhan kantong darah disumbangkan ke UDD PMI Kabupaten Jember.

Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni. Tahun ini tema yang diusung adalah Kami Hidup Karena Kami Memberi, Berikan Darahmu, Berikan Plasmamu, Bantu Kehidupan, Bantu Sesama.

BACA JUGA :  Anggota Polsek Ambulu Bubarkan Ritual di Laut Watu Ulo

Nanda Mayang Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember mengatakan kegiatan donor darah hari ini dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia sekaligus sosialisasi manfaat donor darah.

“Tujuan kegiatan ini sebagai peringatan hari donor darah sedunia, selain itu kami mengajak mahasiswa untuk mendonorkan darahnya yang sangat banyak manfaat kesehatan bagi pendonor. Dan Sejauh ini partisipasi mahasiswa sangat tinggi untuk berdonor,” kata Nanda Mayang.

BACA JUGA :  Gerak Cepat Unit Reskrim Polsek Puger Ringkus Pelaku Penganiyayaan

Sementara itu Kabid Pelayanan Markas PMI Kabupaten Jember Elvana Kusdijanto menyampaikan bahwa, “peringatan hari donor darah sedunia dipusatkan di kampus dan sekolah yang menjadi sasaran kegiatan donor darah sukarela. “Kampus dan sekolah-sekolah di Kabupaten Jember menjadi basis pelaksanaan donor darah,” kata Elvana Kusdijanto.

Menurutnya, “kampus dan sekolah menjadi tempat berkumpulnya generasi muda yang tujuan besarnya adalah pertama untuk pembelajaran. “Tujuan kedua untuk pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Jember,” ujar Elvana Kusdijanto.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait