Siswa SMAN 1 Blora Ikuti Penyuluhan Germas

Blora, Transnews.co.id – Puluhan siswa SMAN 1 Blora kelas X dan XI mengikuti penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di aula sekolah setempat, Selasa (22/3/2022).

Penyuluhan Germas diselenggarakan bekerja sama dengan UPTD Puskemas Blora. Acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Blora Yuni Ni’wati.

“Kami harapkan, anak-anak mengikuti dengan baik penyuluhan Germas ini. Kalau tidak tahu atau kurang paham silahkan ditanyakan,” kata Yuni Ni’wati.

Menurutnya, Germas merupakan sebuah program yang telah dijalankan oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas masyarakat untuk memulai hidup sehat.

Sehingga peran anak muda terutama pelajar merupakan agen perubahan yang memiliki kemampuan serta kompetensi yang sesuai dalam meningkatkan gerakan masyarakat.

baca juga :   Pemkab Blora Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Perawat

Ada sejumlah paparan materi yang disampaikan dari narasumber UPTD Puskesmas Blora, yaitu tentang Germas, Anemia dan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Nanik Sri Mulyaningsih, selaku Sub Koordinator Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dalam paparanya menyampaikan bahwa Germas bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kesehatan saja, melainkan seluruh masyarakat termasuk para pemuda atau pelajar.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

baca juga :   Dokter Mata RSUD Saiful Anwar Kunjungi UPT RSBN Malang , Lakukan Pemeriksaan Mata Rutin Bagi Penerima Manfaat

Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa.

“Hal itu sebagaimana misi pertama Pemkab Blora, yaitu Membangun sumberdaya manusia yang berkualitas, berdaya saing dan berkarakter,” ucapnya.

Menurut Nanik, yang dikatakan sehat, yaitu dalam keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

“Hal itu dipengaruhi lingkungan, genetik keturunan, pelayanan kesehatan serta perilaku individu dan masyarakat,” jelasnya.

Secara umum Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

baca juga :   DWP Setkab RI Gelar Seminar Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Ramadan

Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Sementara itu, Vera, salah satu siswa SMAN 1 Blora mengaku senang mengikuti penyuluhan Germas.

“Senang sekali beisa mengikuti penyuluhan GERMAS di sekolah. Saya sendiri jadi tahu bagaimana peran pelajar dalam ikut berperilaku hidup sehat,” ucapnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com