DAERAH  

Tangani Sampah Pasca Bencana APG Semeru, DLH Lumajang Bentuk TIM URC

Lumajang, Transnews.co.id – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Jawa Timur membentuk Tim Unit Reaksi Cepat (URC) dalam melakukan penangan sampah pasca bencana Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati mengatakan, penyisiran sampah dilakukan setiap hari di berbagai titik posko pengungsian di Kecamatan Candipuro maupun beberapa titik Kecamatan Pasirian.

“Penanganan sampah memang bersifat kondisional, jadi kalau di kontener kita lakukan dua hari sekali, tapi untuk yang lain kami pun bersifat kondisional bisa harian bisa dua kali sehari, kenapa demikian karena memang ada titik lain yang harus kita tangani secara cepat,” kata dia saat dimintai keterangan di lokasi pengungsian, Kamis (9/12/2021).

baca juga :   PFI Malang Salurkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Semeru

Selain itu, dikatakan Yuli, bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang dalam melakukan penanganan sampah di berbagai titik pengungsian di Kecamatan Pronojiwo.

baca juga :   Wabup Lumajang Harap Bantuan Helikopter pada BNPB untuk Evakuasi Warga Terisolir

“Penanganan dan pengangkutan sampah di titik-titik pengungsian Kecamatan Pronojiwo kami sudah berkoordinasi dengan DLH Kabupaten Malang, dan DLH Kabupaten Malang siap untuk membantu,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga memberikan apresiasi terhadap para relawan penanggulangan bencana yang turut berpartisipasi dalam melakukan penanganan sampah.

“Alhamdulillah mulai kemarin kami dibantu oleh teman-teman relawan yang membantu kami mengangkut sampah dengan kendaraan pick up ke TPA Lempeni,” pungkasnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com