Tingkatkan Minat Baca, Ini Cara yang Dilakukan Sekolah di Kota Malang

Malang, Transnews.co.id – Beberapa perpustakaan sekolah di Kota Malang tahun ini mendapat predikat akreditasi A. Predikat yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI ini berlaku mulai 2022 hingga 2027 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Suwarjana menyampaikan apresiasinya kepada sekolah-sekolah yang telah mengupayakan perpustakaannya sesuai standar nasional.

”Selamat kepada jajaran satuan pendidikan jenjang SD dan SMP yang terus berdaya upaya, berinovasi, berkreasi demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas serta pelayanan maksimal pada masyarakat, dengan apresiasi dari Perpusnas RI ini, semoga dapat memotivasi satuan pendidikan lainnya untuk lebih baik lagi dari waktu ke waktu,” tuturnya, Kamis (28/4/2022).

Lebih lanjut, Suwarjana juga berharap bahwa keberadaan perpustakaan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang berbudaya berkarakter dan memiliki kebiasaan literasi yang baik.

baca juga :   Polresta Malang Kota Gagalkan Peredaran Narkoba 2,6 KG

Kepala SDN Kauman 1 Umi Kulsum mengungkapkan, demi mewujudkan perpustakaan yang sesuai dengan standar akreditasi yang ditentukan oleh Perpusnas, SD Negeri Kauman 1 Malang telah mengupayakan diri sebaik mungkin. Hasilnya perpustakaan SDN Kauman 1 mendapat predikat akreditasi A.

“Perpustakaan kami memiliki ruang yang nyaman indah dan rapi. Penataan buku kami juga sesuaikan dengan standar. Memiliki koleksi buku yang bisa memenuhi kebutuhan siswa. Koleksi kami lengkapi dengan barcode untuk memudahkan pelayanan. Semoga dengan adanya perpustakaan anak-anak lebih banyak meraih prestasi baik akademik maupun nonakademik. Karena dengan gemar membaca akan membuka cakrawala dunia ilmu dan keterampilan,” tutupnya.

Hal senada diungkapkan Kepala SMP Negeri 6 Malang Risna Widyawati, sekolah yang perpustakaannya terakreditasi A ini memiliki ruangan yang cukup luas dengan dekorasi dinding berupa lukisan tematik. Penataan koleksi begitu rapi sehingga membuat pengunjung nyaman dan senang.

baca juga :   Pegawai Terpapar COVID-19, Imigrasi Malang Hentikan Layanan

Risna mengungkapkan dalam persiapan mengikuti akreditasi ini, sekolahnya juga mendapat pendampingan dalam mengisi dan melengkapi instrumen akreditasi oleh Perpustakaan Kota Malang.

“Perpustakaan kami ini memiliki ruang multimedia. Juga menerapkan e-library, yakni pentaloka smart jadi akses perpustakaan terhubung dengan web sekolah. Kami berupaya meningkatkan minat baca siswa dengan mewujudkan perpustakaan yang nyaman dan menyenangkan. Memberikan pelayanan prima, serta mengembangkan program pengembangan perpustakaan yang inovatif,” terang Risna.

Sementara itu, SMP Negeri 5 Malang menawarkan fasilitas yang tak biasa. Sekolah yang memiliki koleksi lebih dari 5.000 judul buku baik fiksi maupun nonfiksi ini, juga memiliki sarana penunjang kegiatan belajar yang mampu mengembangkan bakat dan minat siswa. Tak heran jika perpustakaan ini juga meraih predikat akreditasi A.

baca juga :   UPT RSBN Salurkan Bantuan Ikatan Alumni ITB Kepada Anak terdampak Covid-19

“Kami menyediakan beberapa alat permainan edukasi seperti ular tangga dalam Bahasa Inggris, dan permainan seperti dakon dan monopoli. Untuk meningkatkan minat baca siswa dengan terus menambah jumlah koleksi secara rutin dan mempromosikan buku-buku baru itu melalui mading perpustakaan dan media sosial perpustakaan SMPN 5. Ada juga panggung bercerita untuk siswa di perpustakaan kami,” papar Kepala SMP Negeri 5 Malang Burhanuddin.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com