Tujuh Silverman ditertibkan Satpol PP Kabupaten Jember

Tujuh Manusia silverman ditertibkan dan akan dilakukan pembinaan
Tujuh Manusia silverman ditertibkan dan akan dilakukan pembinaan

JEMBER, transnews.co.id – Keberadaan silverman yang membaluri tubuhnya dengan cat keperakan menjadi pusat perhatian masyarakat dan pemerintah setelah video pengeroyokan pengguna jalan di perempatan SMPN 2 Jember oleh 2 orang manusia silver, Sabtu. (06/05/2023).

Silverman biasanya pada saat lampu merah menyala berdiri dekat lampu merah dan memberi hormat pada pengguna jalan kemudian meminta uang dari pengguna jalan di persimpangan jalan yang terdapat lampu lalu lintas. Hal ini dikeluhkan masyarakat, meskipun silverman meminta tidak dengan paksa atau seikhlasnya pengguna jalan namun keberadaannya tidak elok dipandang mata karena jumlahnya semakin bertambah.

Menyikapi laporan masyarakat terkait silverman Plt Kepala Satpol PP, Dr. H. Edy Budi Susilo, M.Si, merespon cepat dan mengambil langkah proaktif memerintahkan Kabid ketertiban umum dan ketertiban masyarakat untuk menertibkan silverman di sejumlah lokasi. Dari operasi satpol PP hari ini Selasa, 9 Mei 2023 berhasil mengamankan 7 manusia silver dari tiga titik lokasi antara lain lampu lalin RRI, Gladak Kembar, dan Mangli. Unit Siaga Praja yang dikerahkan dalam penertiban silverman diwarnai aksi kejar-kejaran. Dua orang ditertibkan di lampu lalin Gladak Kembar, 4 di lampu lalin Mangli, sedangkan 1 lainnya diciduk di lampu lalin kantor RRI.

baca juga :   Satpol PP dan Bea Cukai Jember Lakukan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

Keempat silverman yang ditertibkan itu kemudian dibina oleh Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah beserta jajarannya. Selain pembinaan, para silverman itu dicatat namanya disertai ancaman dikenai tindak pidana ringan apabila meneruskan aksinya yang makin meresahkan masyarakat. Tahap terakhir, keempat silverman diserahkan kepada Dinas Sosial untuk ditangani lebih lanjut selaku penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

baca juga :   3 Pilar Desa Grenden Berikan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Satlinmas untuk Pembekalan Netralitas Pemilu 2024

Plt Ka.Satpol PP, Dr. H. Edy Budi Susilo, M.Si melalui sambungan seluler kepada awak media, menyampaikan akan melakukan operasi penertiban secara rutin terhadap keberadaan pengamen dan anak jalanan di tempat-tempat umum sebagaimana yang selalu dilakukan selama ini. Tentunya tetap berkoordinasi bersama Polres Jember dan Dinas Sosial mengenai penertiban PMKS, utamanya silverman, badut, dan pengamen angklung, pungkas Edy B Susilo.

Sementara itu kepala dinas sosial, Akhmad Helmi Luqman,S Sos menyampaikan tindak lanjut diantaranya :

1. Melakukan pembinaan kepada mereka untuk tidak lagi meminta-minta di tempat umum dan diminta pernyataan tertulis dari mereka untuk tidak mengulangi perbuatannya.

baca juga :   Meresahkan, Satpol PP Padang Amankan Manusia Silver

2. Berdasarkan data kependudukan nantinya kita lakukan home visit ke rumah yang bersangkutan untuk mengurai permasalahan yang menyebabkan mereka meminta-minta ditempat umum dan mengidentifikasi intervensi apa yang dapat diberikan kepada yang bersangkutan.

3. Menggali potensi dan memberikan pelatihan apa sesuai dengan yang mereka inginkan dan memberikan modal berwirausaha. Pungkas Helmi Luqman.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com