Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Ekspor Perdana Tanaman Hias Ke USA

Sidoarjo, Transnews.co.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui badan usaha PT Umsida Sinergi Utama, melakukan ekspor perdana tanaman hias ke Houston USA. Acara tersebut, sekaligus Launching Unit Bisnis Umsida dan Halal Bi Halal dengan tema Idul Fitri dan Semangat Berprestasi yang digelar di Auditorium KH. Ahmad Dahlan Kampus Umsida, Selasa (10/5/2022).

Gubernur Jatim yang diwakili oleh Asisten 3 Setdaprov Jatim, Syaichul Ghulam memberikan penghargaan kepada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melalui Unit Bisnis Umsida melakukan ekspor perdana tanaman hias ke Houston USA, sehingga inovasi pengembangan pemasaran yang dilakukan oleh Umsida ini juga memotivasi pelaku usaha lainnya terutama dari kalangan perguruan tinggi di Jawa Timur untuk melakukan terobosan pasar internasional untuk komoditas unggulan di masing-masing daerah dan pelaku ekspor.

“Ekspor perdana tanaman hias ke Houston yang dilakukan oleh Unit Bisnis Umsida tersebut menambah volume ekspor Jatim terutama ke USA juga jenis komoditasnya, ini inovasi bisnis dan pemasarannya bisa menginspirasi perguruan tinggi lainnya dan pelaku ekspor di Jawa Timur,” jelas Asisten 3 Setdaprov Jatim yang membacakan sambutan Gubernur Jatim.

baca juga :   Anggota DPRD Jatim, dr Benjamin Kristianto Berikan Bantuan Korban Bencana Angin Puting Beliung di Sidoarjo

Dipaparkannya, ekspor tersebut menjadi salah satu mekanisme menyeimbangkan neraca perdagangan internasional Jawa Timur dan mendongkrak kesejahteraan petani terutama tanaman hias yang difasilitasi oleh Unit Bisnis Umsida ini. Neraca ekspor Jatim pada bulan Maret 2022 mengalami kenaikan sebesar 17 % dibandingkan bulan Pebruari 2022 yaitu dari USD 1,85 miliar menjadi USD 2,17 miliar. Peningkatan ekspor ini disebabkan oleh peningkatan kinerja ekspor Jatim sektor non migas yang menyumbang 96,45 % dari total ekspor Jatim.

baca juga :   Polresta Sidoarjo Gelar Patroli Skala Besar Sisir Kerumunan Massa

“Upaya peningkatan ekspor komoditi pertanian ini diperlukan optimalisasi peningkatan daya saing produk pertanian dan integrasi produksi berskala kawasan,” terang pejabat yang akrab dipanggil Abi Lawang ini.

Sementara itu, Rektor Umsida, DR Hidayatulloh menjelaskan ekspor perdana tanaman hias ke Houston USA sebanyak 3000 batang tanaman hias jenis keladi dan akan berlanjut bulan berikutnya berjumlah 2000 batang, jumlah ini menyesuaikan permintaan pasar, untuk kapasitas tanam tanaman hias ini mencapai 90 ribu sedangkan harga perbatang dari petani tanaman hias dalam hal ini kalangan kaum dhuafa yang menjadi mitra Umsida, harganya 40 ribu/batang, untuk harga tanaman hias ini di USA mencapai 20 dolar / batang.

baca juga :   Proyek Pavingnisasi Desa Kragan Kecamatan Gedangan, Diduga Gagal Kontruksi

“Jajaran civitas Umsida mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jatim atas dukungannya bahkan Bu Khofifah juga telah merekomendasikan Umsida untuk memiliki Fakultas Kedokteran sehingga kami sedang berproses untuk itu,” kata Rektor Umsida. (hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com