EKBIS  

Alfamart Dukung Pemberdayaan Rumput Laut Nusa Penida

Alfamart dukung pemberdayaan rumput laut nusa penida Bali
Alfamart dukung pemberdayaan rumput laut nusa penida Bali

BALI, transnews.co.id – Alfamart mendukung pemberdayaan rumput laut di Nusa Penida Kabupaten Klungkung Provinsi Bali dengan memberikan pelatihan pengelolaan rumput laut menjadi produk bernilai jual tinggi seperti puding, selai maupun produk lain berupa sabun atau kosmetik.

Selain itu Alfamart juga memberikan pelatihan manajemen ritel kepada puluhan pelaku UMKM setempat di Virgin Beach Restaurant Nusa Penida.

Melalui kegiatan yang merupakan bagian dari CSR Alfamart tersebut diharapkan peserta bisa meningkatkan nilai ekonomis di bidang pengolahan rumput laut maupun produk UMKM.

General Manager Corporate Communications Alfamart, Rani Wijaya, mengatakan materi yang diberikan Alfamart kepada peserta berisi seputar bagaimana meningkatkan kemampuan peserta baik di bidang pengolahan rumput laut atau menjadikan produk olahan rumput laut tersebut nantinya bisa menjadi produk UMKM yang bisa merambah ritel modern khususnya Alfamart.

baca juga :   Alfamart dan Cussons Dukung Pertumbuhan dan Gizi Baik

“Harapannya agar bisa memenuhi standar produk yang dipatok ritel modern. Antara lain packaging, teknik produksi yang bermutu dan higienis. Bahan baku yang berkualitas untuk menghasilkan produk yang diterima pasar hingga syarat kelengkapan produk UMKM seperti izin BPOM, PIRT, halal, dan sebagainya,” kata Rani.

Alfamart lanjutnya juga ingin lebih memberikan kontribusi pada masyarakat, bukan hanya untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari, tapi juga memajukan UMKM.

baca juga :   Meriahkan HUT RI 78, Alfamart Gelar Pesta Rakyat
General manager Corporate Communications Alfamart Rani Wijaya bersama kepala Dinas PMPTST.I Made Sudiakarjaya
General manager Corporate Communications Alfamart Rani Wijaya bersama kepala Dinas PMPTST.I Made Sudiakarjaya

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Klungkung, I Made Sudiakarjaya,

mengungkapkan keinginannya agar UMKM Kabupaten Klungkung bisa maju, salah satunya apabila difasilitasi oleh ritel modern.

“Jaringan ritel Alfamart ada di mana-mana sehingga apabila produk-produk lokal bisa dijual di sana, tentu mereka akan makin maju begitu pula dengan hasil produksinya apalagi wilayah Nusa Penida dikenal sebagai daerah penghasil rumput laut,” terangnya.

Senada, Branch Manager Alfamart Bali, Danny Febrianto, menjelaskan bahwa Alfamart senang apabila bisa membantu kemajuan UMKM. Hal tersebut ditunjukkan jika Alfamart terbuka terhadap produk lokal untuk dijual di jaringan toko miliknya.

baca juga :   Alfamart Kembali Melakukan Rangkaian Kegiatan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam Gunung Semeru

“Produk yang sudah memenuhi syarat legalitas bisa kami bantu, selain itu yang memiliki potensi untuk bisa diterima masyarakat,” tambahnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com