Amankan Natal dan Tahun Baru 2024, Polda Jatim Dirikan 143 Pospam dan 42 Posyan 

Kapolda Jatim, Pangdam V Brawaijaya, dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat memimpin Ops lilin Semeru 2023 di Mapolda Jatim. Kamis (21/12/2023).
Kapolda Jatim, Pangdam V Brawaijaya, dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat memimpin Ops lilin Semeru 2023 di Mapolda Jatim. Kamis (21/12/2023).

SURABAYA, transnews.co.id – Dalam rangka pengamanan Natal dan tahun Baru 2024, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur akan mendirikan 143 pos pengamanan (Pospam), dan pos pelayanan (Posyan) sebanyak 42 serta Pos Terpadu ada 9 titik di 39 Kabupaten atau Kota, untuk amankan natal dan tahun baru 2024 di Jatim.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto usai memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2023, didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, di Lapangan Apel Mapolda Jatim, pada Kamis (21/12/2023).

“Setelah perayaan natal, masyarakat akan cukup banyak melakukan perpindahan. Karena terpetakan di Jawa Timur ini ada kurang lebih 16 persen dari total jumlah 107 yang tadi berdasarkan survey kementerian perhubungan akan melakukan perpindahan, 16 persen itu kira-kira di Jawa Timur akan berpindah sebanyak kurang lebih melakukan perjalanan itu, kurang lebih 16 jutaan,” katanya

baca juga :   Dirbinmas Polda Jatim Pantau dan Cek Kesiapan Pengamanan Pelabuhan ASDP

“Kita berharap dan mengajak seluruh masyarakat yang merayakan natal maupun tidak, mari kita sukseskan kegiatan natal ini. Termasuk mudah-mudahan saudara-saudara kita yang nanti merayakan pergantian tahun merasa nyaman, aman dan lancar, dan tidak ada gangguan sedikitpun,” harapnya.

Lebih lanjut, Kapolda Jatim juga sudah memerintahkan kepada kapolres jajaran yang di tempatnya memiliki tempat rekreasi untuk berkoordinasi dengan pengelola, kemudian untuk melakukan pengecekan kembali jangan sampai ada masyarakat yang menggunakan wahana-wahana yang usianya sudah tua tapi perawatannya tidak baik.

baca juga :   Ketua Kompor, Anton: Gas Air Mata Tragedi Kanjuruhan Harus Diusut Tuntas

“Sedangkan untuk jalur alternatif nantinya akan dipakai, tetapi di jalur protokol dan jalur utama nantinya disiagakan petugas untuk melakukan mengurai kemacetan termasuk penyiapan kantong parkir,” ucap dia.

Menurutnya Irjen Pol Imam Sugianto, untuk daerah rekreasi di Jawa Timur, pastinya masyarakat akan lari ke Malang. Karena terpetakan secara nasional ada lima kota yang akan menjadi kunjungan terfavorit salah satunya di Jatim, itu di Malang.

“Nantinya di Malang akan kita petakan betul kerawanannya. Mudah mudahan kemacetan di Malang nantinya akan terjadi, yang terpenting jangan berhenti dan tetap berjalan,” pungkasnya.

baca juga :   Polda Jatim Terima Penghargaan dari FBI Usai Ungkap Situs Palsu Bansos AS

Seperti diketahui, Operasi Lilin Semeru 2023 ini berlangsung selama 12 hari, dimulai tanggal 22 Desember hingga 2 Januari 2024, dengan melibatkan 13.044 personil gabungan, TNI-Polri dan unsur pemerintah, yang disebar di hampir 200 pos pelayanan dan pengamanan di seluruh Jawa Timur.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com