Belum Ada Lonjakan Arus Balik dari Pelabuhan Bakauheni

Lampung, Transnews.co.id – Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno melalui Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan kondisi arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung sampai saat ini berjalan normal. Sampai 3 Mei 2022 kemarin total sudah ada 42.165 warga yang kembali dari mudik.

“Hari ini pada H+1 bertepatan dengan kunjungan tiga menteri dan Kakorlantas Polri untuk melakukan pantauan langsung di Palabuhan Bakauheni Lampung berjalan normal,” katanya, Rabu (4/5/2022).

Dia mengatakan masyarakat yang kembali pada lebaran kedua tanggal 3 Mei 2022 mencapai sebanyak 42.165. Dengan rincian 3.091 orang pejalan kaki dan 39.074 penumpang berada dalam kendaraan.

baca juga :   Polres Blitar Klaim Nihil Kecelakaan Selama Arus Mudik-Balik Lebaran

“Total arus balik hari Selasa tgl 3 Mei 2022 mencapai 42.165 dan masih dalam keadaan normal atau lancar lalu lintas,” ucapnya.

Pandra menambahkan untuk kendaraan roda dua sendiri pada arus balik yang menaiki kapal mencapai sebanyak 2.640 motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau pribadi mencapai sebanyak 5.771.

“Terpantau juga tidak ada antrian kendaraan yang mengakibatkan kemacetan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan,” ujarnya.

Pandra menghimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan balik agar melakukan pemeriksaan terhadap fisik maupun melakukan pengecekan terhadap kendaraannya. Selama dalam perjalanan, lanjut dia, masyarakat agar dapat memanfaatkan pos pengamanan (Pospam), pos pelayanan (Posyan), dan pos terpadu baik yang ada di JTTS, Jalinsum, serta adaanya pengawalan roda dua dari mulai wilayah mesuji dan wilayah tanggamus menuju ke pelabuhan Bakauheni Lampung.

baca juga :   Puncak Arus Balik Lebaran, One Way Diprediksi Berjalan 24 Jam Hingga Besok

“Jika berkendara lebih dari 3-4 jam agar beristirahat sejenak, jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Lebih baik istirahat terlebih dahulu sampai badan fit kembali baru melanjutkan perjalanan,” tuturnya.

“Kemudian jika selama dalam perjalanan melihat orang yang dicurigai agar dapat melapor kepada kantor polisi terdekat maupun ke Pospam, Posyan, dan Pos Terpadu. Bisa juga masyarakat menghubungi call center 110 secara gratis. Mari kita bersama-sama mengikuti himbauan ini dengan tujuan agar perjalanan dapat lancar dan tidak ada kendala,” lanjut dia.

baca juga :   Catat, Berikut Jadwal One Way Arus Mudik dan Balik di Tol Cikampek Hingga Kalikangkung

Kegiatan kunjungan dari 3 menteri yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi yang diterima oleh Gubernur dan Kapolda Lampung. Kunjungan mereka dalam rangka peninjauan secara langsung ke Kantor ASDP dan meninjau Dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com