DAERAH  

BPBA Bekali Tim Reaksi Cepat Pelatihan Dasar Water Rescue di Sabang

Banda Aceh, Transnews.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) membekali para personel Tim Reaksi Cepat (TRC) pelatihan dasar water rescue selama 6 hari, 25-30 Maret 2022 di Pantai Gapang, Kota Sabang.

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas menyebutkan, pelatihan ini untuk membentuk SDM TRC yang mampu menjadi pendukung dalam segala operasi bencana yang menyangkut dengan pertolongan di air guna membantu dan memback up Tim SAR dalam melakukan kegiatan pencarian, pertolongan dan penyelamatan.

“Pelatihan dasar water rescue ini juga salah satu upaya kami untuk mewujudkan penyelenggaraan penanggulangan bencana secara profesional, cepat, tanggap dan tepat di wilayah Provinsi Aceh,” kata Ilyas yang akrap disapa Abi, Kamis (31/3/2022).

baca juga :   Kadisdik Aceh Sidak Sekolah di Pidie Jaya

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBA, Bobby Syahputra menjelaskan kegiatan water rescue merupakan suatu teknik pertolongan/evakuasi yang dilakukan di air atau suatu tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien, jiwa manusia dan segala sesuatu yang berharga yang berada dalam keadaan mengkhawatirkan di air.

baca juga :   Kembali Gelar Donor Darah, Baitul Mal Aceh dan PMI Berhasil Kumpulkan 48 Kantong Darah

Kata Bobby, pelatihan tersebut diikuti 28 peserta, yang terdiri Tim Reaksi Cepat (TRC) Provinsi Aceh Maupun Tim Reaksi Cepat (TRC) dari kabupaten/kota.

BPBA berharap dengan diadakan pelatihan ini seorang water rescue mempunyai kemampuan dalam upaya pencarian, pemberian pertolongan dan penyelamatan jiwa manusia dan harta benda dengan kegiatan pertolongan atau penyelamatan serta cara pemindahan korban dari perairan seperti kolam, sungai dan laut.

“Sebagai salah satu tim yang memiliki rasa kemanusiaan tinggi, maka TRC Pemerintah Aceh merupakan perwujudan rasa tanggung jawab akan keselamatan sesama dan merupakan motor penggerak awal untuk memberikan pertolongan dan pencarian kepada masyarakat yang tertimpa musibah atau bencana,” ujarnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com