DAERAH  

Bupati Indramayu Luncurkan Produk NIK Water Milik BUMDes Niaga Kertanegara

Indramayu, Transnews.co.id – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar resmi meluncurkan NIK Water Produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Niaga Kertanegara, Desa Kertanegara, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Selasa (5/4/2022).

Peluncuran NIK Water ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Indramayu Nina Agustina didampingi Anggota DPRD Kabupaten Indramayu Wardah, Asisten Daerah Ekonomi dan Pembangunan Maman Kostaman, kepala perangkat daerah, Forkopimcam Haurgeulis, Pemdes Kertanegara dan Ketua BUMDes Niaga Kertanegara, di Desa Kertanegara, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Selasa (5/4/2022).

Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, pendirian BUMDes dimaksudkan sebagai upaya untuk menampung seluruh kegiatan baik itu di bidang ekonomi maupun pelayanan umum yang dikelola langsung oleh desa atau kerja sama antardesa.

“Jadi semua desa harus berlomba-lomba mempunyai BUMDes, contohnya produk air minum dalam kemasan yang dinamakan produknya NIK Water milik BUMDes Niaga Kertanegara ini, yang pastinya untuk menopang kesejahteraan masyarakat desa setempat,” katanya.

baca juga :   Miliki Potensi Ikan Terbesar Di Jawa Barat, Indramayu Punya Kampung Perikanan Budidaya

Menurutnya, BUMDes didirikan bukan semata-mata hanya untuk mengelola usaha, memanfaatkan aset dan mengembangkan investasi, akan tetapi dalam pelaksanaannya harus produktif, koperatif dan transparansi serta diharapkan bisa berkembang dalam bidang usaha lainnya.

“Seperti halnya BUMDes Niaga Kertanegara ini selain produk NIK Water, juga ada lapangan futsal yang direntalkan 80 ribu/jam. Seperti inilah bisa dikelola dan disewakan pihak lainnya seperti dengan kecamatan dalam mengadakan turnamen atau event yang keuntungannya bisa masuk kas desa,” tambahnya.

Bupati Nina Agustina berharap, keberadaan BUMDes Niaga Kertanegara ini bisa menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desanya. Selain itu ungkap Nina, patut dicontoh dan diikuti oleh desa-desa lainnya untuk menggerakkan BUMDes yang produktif dan memiliki bidang usaha.

baca juga :   Jalur Pantura Jembatan Sewo Indramayu Padat, Mayoritas Motor

Sementara itu Kepala Desa Kertanegara Mulyono menjelaskan, tercetus membangun usaha bernama produk NIK Water ini bermula dari masukan anak-anak muda yang inovatif dalam melihat kebutuhan masyarakat terkait konsumsi air minum.

Sehingga papar Mulyono, sejumlah pihak termotivasi dan mencari alat untuk membuat produk air dalam kemasan. Setalah memperoleh alat yang dianggap cocok kemudian mulai direncanakan dan dikembangkan.

“Alhamdulillah setelah alatnya kita peroleh dan dipilih, kami langsung memproduksi air minum kemasan ini dan Alhamdulillah sudah berkembang,” jelasnya.

Lanjut Mulyono, sementara ini pemasaran NIK Water masih lingkup masyarakat lokal Desa Kertanegara. Mengingat pengembangan produk NIK Water ini belum sampai 1 bulan, sehingga diharapkan setelah dilaunching oleh Bupati Indramayu produk NIK Water semaiin diminati pasar di Indramayu.

baca juga :   Bupati Nina Jabat Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu

“Kita berharap bisa menambah pasar ini dengan mengundang Ibu Bupati Indramayu langsung sekaligus untuk promosi kepada masyarakat dan mudah-mudahan ada daya tarik dan minat masyarakat terkait NIK Water BUMDes Niaga Kertanegara,” harapannya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com