DAERAH  

DPPP Sleman Tebar Benih Ikan Endemik di Embung Sendangtirto

Sleman, Transnews.co.id – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Sleman bersama Kalurahan Sendangtirto melaksanakan kegiatan penebaran 1 Kuintal bibit ikan endemi jenis Nilem dan Tawes di Embung Sendangtirto, Padukuhan Tampungan, Kalurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Rabu (30/3/2022).

Carik Sendangtirto, Herman Padiyanto mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menjaga ekosistem dan lingkungan embung agar tetap lestari dan asri. Ia berharap ikan yang ditebar dapat berkembang dengan baik di habitatnya.

“Masyarakat dimohon ikut menjaga ekosistem sungai dengan tidak membuang sampah di embung tidak menyetrum ikan, tidak mengobat (apotas) yang dapat merusak ekosistem dan habitat perairan embung,” kata Herman.

baca juga :   Bupati Sleman Kunjungi Lomba Tumpeng TP-PKK Sumberrejo

Sementara itu, Dian Widianing Astuti, PPL Perikanan Kapanewon Depok dan Berbah mengatakan bahwa kegiatan penebaran benih ikan endemik ini rutin dilakukan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk menjaga keberadaan ikan endemik di perairan umum.

baca juga :   Kelompok Batik Pusparinengga Sleman Jadikan Motif Jangkang sebagai Ciri Khas

“Berbeda dengan sektor budi daya perikanan, kegiatan penebaran bibit ikan endemik ini lebih diarahkan untuk kelestarian alam sehingga anak cucu dan generasi mendatang dapat melihat dengan nyata bahwa ada ikan ikan endemik di sungai dan embung,” tambah Dian.

Dian menambahkan bahwa DPPP Kabupaten Sleman melalui Bidang Perikanan pada 2022 melakukan kegiatan penebaran benih ikan di perairan yang terletak di 20 lokasi di wilayah Kabupaten Sleman. “Masing-masing lokasi sebanyak 1 Kuintal dengan Jenis ikan Nilem dan Tawes,” tuturnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com