DPU Bina Marga Jatim Jalin Kerjasama Penanganan Jembatan Buk Putih Bangorejo Banyuwangi

Kadis PU Bina Marga Jatim Edy Tambeng Widjaya (sebelah kanan) bersama Direktur PT Bumi Suksesindo Teddy saat penandatanganan MOU pembangunan Buk Putih Banyuwangi di ruang rapat DPU Bina Jatim, Kamis (9/112023)
Kadis PU Bina Marga Jatim Edy Tambeng Widjaya (sebelah kanan) bersama Direktur PT Bumi Suksesindo Teddy saat penandatanganan MOU pembangunan Buk Putih Banyuwangi di ruang rapat DPU Bina Jatim, Kamis (9/112023)

SURABAYA, transnews.co.id – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur, melaksanakan penandatanganan kontrak dan kerjasama penanganan Jembatan Buk Putih Bangorejo Banyuwangi, dengan pihak swasta yaitu PT. Bumi Suksesindo. Acara tersebut berlangsung di ruang Rapat DPU Bina Marga Jatim, Jl. Gayung Kebonsari 167 Surabaya, Kamis (09/11/2023).

Dalam sambutannya, Kepala DPU Bina Marga Jatim, Edy Tambeng Widjaja, ST, M.Si., menyatakan bahwa kolaborasi tersebut sangat diperlukan. Pasalnya, jalan dan jembatan merupakan kewenangan pemerintah, sehingga diperlukan informasi atau kebutuhan aktivitas pertambangan PT. Bumi Suksesindo saat pengerjaan, agar tidak menimbulkan masalah teknis atau isu sosial.

“Jalan dan Jembatan Buk Putih ini dilalui oleh kendaraan logistik dari aktivitas pertambangan PT. Bumi Suksesindo. Karena jalan dan jembatan tersebut merupakan kewenangan pemerintah, harapannya apa yang dibutuhkan oleh PT. Bumi Suksesindo selama pengerjaan bisa kami support,” jelasnya.

baca juga :   Dinas PU Bina Marga Jatim Targetkan Pembangunan Jembatan Jongbiru Kediri Selesai Mei 2024

Direktur PT. Bumi Suksesindo, Teddy mengapresiasi kesempatan dan ruang diskusi yang diberikan. Dia mengungkapkan bahwa pihaknya telah menunjuk konsultan yang akan menjelaskan aspek teknis secara mendetail dalam kontrak kerjasama ini.

“Ketika mendengar bahwa kondisi Jembatan Buk Putih memerlukan perbaikan, kami bergerak cepat dengan membuat berita acara yang bisa segera dieksekusi. Kami juga memiliki konsultan yang akan menjelaskan teknisnya secara terperinci,” terang Teddy.

baca juga :   Menyambut Musim Hujan, Dinas PU Bina Marga Jatim Tambah Tim URC

Sementara itu, Ir. Slamet Harianto, M.T., konsultan dari PT. Bangun Persada Selaras yang ditunjuk oleh PT. Bumi Suksesindo yang bertanggung jawab untuk perencanaan teknis dan desain Jembatan Buk Putih, menjelaskan bahwa pembangunan Jembatan Buk Putih ini membutuhkan keterlibatan beberapa instansi.

“Jembatan Buk Putih ini menyeberangi saluran irigasi dengan bangunan air di bawahnya yang memecah arus sungai menjadi empat jalur saluran irigasi. Yang perlu ditangani adalah aliran utama dengan debit air terbesar. Aliran air tidak boleh terhenti selama pengerjaan, sehingga diperlukan kolaborasi dengan OPD terkait,” terang Slamet.

Sebagai informasi tambahan, acara penandatanganan kontrak dan kerjasama ini dihadiri oleh Kepala Dinas PU Bina Marga, Sekretaris Dinas PU Bina Marga, Direktur PT. Bumi Suksesindo, Konsultan PT. Bangun Persada Selaras, Kabid Pengaturan dan Pengendalian, Kabid Bina Teknik, Kabid Pembangunan dan Peningkatan, Kabid Pemeliharaan, Kasubag Umum dan Kepegawaian serta Kepala UPT PJJ Banyuwangi.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com