Gubernur Jabar Ridwan Kamil : Tidak Ingin Ada Super Man, Tapi Super Team

Bandung, transnews.co.id-Pemerintah Daerah Provinsi Jabar diapresiasi oleh pemerintah pusat sebagai pemerintah daerah yang menyelenggarakan rotasi-mutasi-promosi dengan sistem yang sangat objektif, yaitu menggunakan Sistem Merit

Hal itu diungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat melantik dan mengambil sumpah jabatan sejumlah ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar untuk jabatan struktural/administrator, pengawas, dan fungsional, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (27/11/2020).

Ia menambahkan, pelantikan pada hari ini pun dilakukan berdasarkan kualitas, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar serta bisa dipertanggungjawabkan proses pengusulan dan prestasinya. Karena menggunakan berbagai indikator, termasuk peer review bawahan, atasan, dan kolega yang setara, juga dari kompetensi dan pendidikan.

“Jadi Pemerintah Daerah Provinsi Jabar adalah provinsi yang pertama secara ilmiah menggunakan Sistem Merit dalam rotasi-mutasi-promosi yang betul-betul bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Baca Juga :   Delapan Daerah di Jabar Deklarasi Pilkada Aman dan Berkualitas

Emil menjelaskan bahwa hasil pelantikan hari ini akan dilaporkan kepada KASN demi meningkatkan penilaian Sistem Merit di lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

“Minggu depan sistem rotasi-mutasi-promosi berbasis merit ini akan diapresiasi kepala ASN pusat untuk memberikan ilustrasi bagaimana Jabar melakukan hal yang terbaik,” tuturnya.

Selain itu, kata Emil, dalam menunjang Sistem Merit, Pemda Provinsi Jabar juga memberikan penghargaan “Employee of the Month” alias Pegawai Berkinerja Terbaik Bulan Ini sebagai bentuk inovasi untuk mengapresiasi dan meningkatkan kinerja para ASN Jabar.

“Kepada yang pernah menjadi Employee of The Month, semua diapresiasi untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik dari sekarang sebagai bukti bahwa orang yang terbaik berhak mendapat jabatan dan pekerjaan yang baik sesuai hak dan prestasinya,” ujarnya.

Baca Juga :   Kadinkes: Stok Vaksin Covid-19 di Bandung Aman Hingga 2 Pekan ke Depan

Adapun kepada para ASN yang dilantik dalam agenda pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kali ini, Kang Emil berpesan agar mereka fokus membangun tim.

Emil tidak ingin ada Super Man, tapi Super Team, jadi yang maju bersama-sama. Bukan mengandalkan satu orang, tapi mengandalkan kekompakan pemain.

“Selamat bertugas kepada yang dilantik, segera lakukan adaptasi kepada lingkungan baru dan lakukan upaya dengan semangat baru di tempat baru,” katanya.

Emil mengingatkan bahwa tugas ASN adalah mengabdi kepada pemerintah dan melayani masyarakat sepenuh hati dengan tiga nilai, yaitu menjaga integritas, melayani pekerjaan dengan ikhlas, dan meningkatkan profesionalisme.

Baca Juga :   Lima Puluh Ribu Warga Kota Bandung Belum Rekam E-KTP

Emil menegaskan,pekerjaan adalah cara manusia mendekatkan diri pada Tuhan melalui kemuliaannya membawa manfaat dalam tugasnya.Jangan tersilaukan oleh jabatan, semua sementara.

“Hari ini Anda dilantik, suatu saat Anda diberhentikan. Tidak ada yang abadi, yang terpenting, saat berikan waktu kepada jabatan kita, gunakan jabatan itu untuk membawa perubahan, kemajuan, dan kebermanfaatan,”pungkasnya.(*) Editor:Nas

 2,446 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X