DAERAH  

Jatim Sebagai Provinsi Terinovatif, Gubernur Khofifah Terima Penghargaan IGA 2021 Kemendagri

Gubernur Jawa timur Khofifah Indar parawansa.

Surabaya, Transnews.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali memperoleh penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 dari Kementerian Dalam Negeri dalam kategori Provinsi Terinovatif. Penghargaan tersebut, diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui virtual di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (29/12/2021).

Selain Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang mendapat penghargaan, ada 7 (tujuh) daerah di Jawa Timur yang juga meraih penghargaan. Yaitu ketegori kabupaten sangat innovatif diraih oleh Kabupaten Malang dan Kabupaten Situbondo. Sedangkan untuk penghargan kategori kabupatendan kota terinovatif diperoleh Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kota Surabaya, Kota Probolinggo dan Kota Mojokerto.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), memberikan penghargaan terhadap langkah besar yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mendorong reformasi sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dalam ajang Innovative Government Award (IGA).

baca juga :   Kondisi Jalan Provinsi 89,61 Persen, Siap Dilewati Pemudik

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap kegiatan IGA 2021 tidak hanya sekedar seremonial, namun kegiatan tersebut sebagai bentuk penghargaan atas karya, terobosan, kreasi dan innovatif yang sangat diperlukan oleh pemerintahan untuk menciptakan iklim kompetitif.

Ia menambahkan, tim penilaian terhadap IGA 2021 sangat obyektif karena terdiri dari berbagai pihak, antara lain Kementerian Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), akademisi dan kalangan media. “Inilah tim yang saya harapkan, dengan adanya campuran maka penilaiannya akan obyektif, sehingga memberikan kebanggaan pada yang menerima bahwa dipilih secara obyektif, kekuatannya adalah ini,” tambahnya.

baca juga :   Tahan Laju Perubahan Iklim, Gubernur Khofifah Ajak Semua Komponen Gotong Royong Kebut Restorasi Mangrove

Sementara itu, Plh Kepala Badan Penelitian danPengembangan Kementerian Dalam Negeri Dr. Eko Prasetyanto Purnomo Putro menjelaskan, penilaian pengukuran indeksinovasi daerah melibatkan dewan juri dari Kementerian/Lembaga, media dan juga berbagai instansi ataupun lembaga kredibel lainnya. Penghargaan yang digagas Kemendagri adalah kegiatan rutin setiap tahun, dan pada tahun 2021 ini terhimpun sebanyak 25.124 inovasi yang disampaikan oleh 519 Pemerintah Daerah se-Indonesia, baik tingkatprovinsi, kabupaten maupun kota.

baca juga :   Gubernur Jatim, Khofifah Ngaji Bareng Gus Baha di Ponpes Lirboyo Kediri

Ada empat kategori penghargaan yang diberikan dalam IGA 2021, yaitu: ProvinsiTerinovatif, Kabupaten/Kota Terinovatif, Kabupaten/Kota Terinovatif kategoridaerah tertinggal, dan Kabupaten/Kota Terinovatif kategori kawasan perbatasan. Para pemenang IGA 2021 akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) Bidang InovasiDaerah kepada Menteri Keuangan RI. (hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com