Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf Minta Masukan Ulama

Sumenep, Transnews.co.id – Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno ingin mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Madura Raya, sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Karena itu, Menparekraf untuk merealisasikannya meminta masukan para ulama melalui Focus Group Discussion (FGD), bertempat di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Kabupaten Sumenep, Jumat (1/4/2022).

Sandiaga Uno mengatakan, para ulama dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Madura Raya, memberikan tiga arahan di antaranya harus Islami, Indonesiawi dan Madurawi.

“Alhamdulillah, para kiai dan ulama memberikan masukan tentang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan di Madura,” jelasnya.

baca juga :   Lolos 50 Besar ADWI 2021, Desa Bubohu Gorontalo Andalkan Wisata Religi Berbasis Alam

Pihaknya guna mewujudkan masukan itu, tentu saja melakukan rancangan sebagai tatanan membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha, yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah guna menciptakan program tepat sasaran.

“Kami dan Pemerintah Kabupaten Sumenep bisa menghadirkan program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” papar Sandiaga Uno.

Sementara Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, SH, MH, mengungkapkan, Kabupaten Sumenep memiliki kekayaan alam dengan potensi wisata yang melimpah, salah satunya adalah Pulau Gili Iyang yang memiliki kandungan oksigen terbaik kedua setelah Yordania.

baca juga :   Koramil 0827/19 Sapeken Maksimalkan Peran Babinsa Pantau Vaksinasi

Selain Gili Iyang sebagai wisata kesehatan, masih ada lagi destinasi wisata tersembunyi yakni Pulau Gili Labak yang memiliki keindahan bawah laut, sebagai tempat untuk snockling dan diving, termasuk wisata Pantai Sembilan yang terletak di Pulau Giligenting.

Kabupaten Sumenep yang kaya destinasi wisata, tidak salah jika disebut The Soul of Madura, sehingga diharapkan seluruh pihak termasuk para ulama di Madura untuk turut andil memajukan dunia pariwisata di Pulau Madura, dengan tetap berpegang teguh terhadap kearifan lokal.

baca juga :   Wujudkan Gisibalistung, Disdik Kabupaten Sumenep Gelar Pelatihan Fasilitator Inovasi

“Branding Sumenep The Soul of Madura, manakala Menparekraf RI, Sandiaga Uno sudah sampai di Kabupaten Sumenep artinya sudah melalui tiga Kabupaten lain di Madura ini,” katanya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com