Aktif Berorganisasi, Siswa SMAN 1 Sumenep Raih Beasiswa dari SAI

  • Bagikan

Sumenep, Transnews.co.id – Berorganisasi di sekolah bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya siswa bisa melatih atau meningkatkan soft skill.

Soft skill adalah kemampuan yang erat kaitannya dengan kepribadian seseorang yang nantinya menunjukkan bagaimana orang itu mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Pengalaman berorganisasi juga pada akhirnya berbuah manis. Seperti Akbar Putra Mahendra, siswa SMA Negeri 1 Sumenep yang berkat aktif dalam organisasi sekolah, terpilih sebagai penerima beasiswa dari Said Abdullah Institut (SAI).

Beasiswa tersebut diterima Akbar pada acara Purnawiyata Peserta Didik Kelas XII yang digelar sekolah tersebut di Aula Gedung Graha Wicaksana Abdi Negara Sumenep, Senin (9/5/2022) malam.

Terkait beasiswa, Akbar menceritakan bahwa pada tahun ini ia diterima di Jurusan Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB). Kemudian Ia berkonsultasi dengan Wakil Kepala (Waka) Bidang Kesiswaan untuk membantu mencarikan beasiswa.

Baca Juga :   PLN Sambung Listrik Gratis 1.250 Keluarga Pra Sejahtera di Sumenep

Selanjutnya Waka Kesiswaan menghubungi Anis, Guru Fisika di sekolah tersebut. Melalui Anis inilah, Akbar dihubungkan dengan MH Said Abdullah pendiri Said Abdulah Institut (SAI) yang juga anggota DPR RI asal Sumenep.

“Kebetulan Ibu Anis memang memiliki kedekatan dengan Bapak Said Abdullah, kemudian mengajukan permohonan pemberian beasiswa atas nama saya, alhamdulillah tadi diberikan Rp10 juta melalui bendahara SAI,” imbuhnya.

Selain mendapatkan Rp10 juta, ia juga mendapatkan tambahan beasiswa dari Said Abdullah berupa uang saku sebesar tiga juta rupiah setiap bulan selama menunjukan prestasi dalam perkuliahan.

“Saya juga diminta membuka rekening, dan selama tinggal di Bogor, akan diberi uang saku setiap bulan sebesar tiga juta rupiah selama satu setengah tahun. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi, jika prestasi bagus akan dilanjutkan, jika tidak bagus maka akan dihentikan,” terangnya.

Baca Juga :   Sumenep Terima Bantuan Mobil Tangki Air dari KEI

Akbar merupakan putra pasangan almarhum Saiful Hosni dengan Diana Pravitasari yang bekerja sebagai ibu rumah tangga. Ia termasuk pelajar yang senang berorganisasi. Pengalaman organisasi dimulai semenjak di bangku SMP Negeri 1 Sumenep dengan menjadi anggota Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK).

Di SMA Negeri 1 Sumenep ia menjadi pengurus OSIS selama dua tahun. Tahun pertama menjadi pengurus OSIS dengan jabatan Ketua Seksi Bidang Seni. Pada tahun kedua dia terpilih sebagai Ketua Umum OSIS SMAN 1 Sumenep periode 2020-2021.

Selain itu dia juga aktif berorganisasi di luar sekolah, salah satunya masuk sebagai pengurus Forum Pemuda Kebudayaan Sumenep.

Bagi Akbar, menjadi pengurus dan Ketua Umum OSIS sangat berpengaruh dalam membentuk kematangan emosi dan pengembangan diri. Melalui OSIS ia mendapatkan keluarga baru.

“Teman-teman pengurus OSIS menjadi saudara yang selalu hadir dan siap membantu dalam segala hal, baik terkait program kerja atau hal lain di luar organisasi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Sidang Paripurna Hasil Reses Digelar di Gedung DPRD Sumenep

Tak lupa Akbar berpesan kepada teman dan adik kelasnya bahwa OSIS sangat berpengaruh dan turut membentuk kepribadian siswa.

Sebab di OSIS dibutuhkan perjuangan dan kerja keras dalam setiap pelaksanaan program kerja. Juga dibutuhkan kerjasama, disiplin dan kreatif agar semua program OSIS terlaksana dengan baik serta meraih sukses.

“Kerja keras, kerjasama, disiplin dan kreatif serta perjuangan terbentuk ketika kita berorganisasi,” imbuhnya.

 44 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan