KPU, Bawaslu dan Kesbangpol Apresiasi NGUTIK Gelaran KPNP kota Depok

DEPOK, transnews.co.id || Ngobrol Urusan Politik (NGUTIK) yang dihelat Koalisi Partai Non Parlemen (KPNP) Kota Depok bersama Lembaga Kajian Sekber Wartawan Indonesia (LKSWI) di Cafe Huis, Jalan Raya Kalimulya, Cilodong, kota Depok, Sabtu (5/3/2022) mendapat apresiasi KPU, Bawaslu dan Bakesbangpol kota Depok yang hadir pada acara itu.

Koalisi Partai Non Parlemen (KPNP) Kota Depok terdiri dari Partai Nasdem, Berkarya, Prima, PBB, Hanura, Ummat, PKP Indonesia, Garuda, Gelora dan Perindo.

Ketua Bawaslu Luli Barlini, Penggagas Ngutik Herry Budiman, Direktur LKSWI Putra Gara, Ketua KPU Nana Sobharna dan Ndaru Ferik Kabidpol Dalam Negeri dan Ormas Bakesbangpol, saat launching NGUTIK, Sabtu (5/3/2022) di Huis Cafe Kota Depok

Koordinator KPNP Anwar Nurdin, mengatakan NGUTIK akan diselenggarakan setiap bulan, kedepan akan undang juga wakil rakyat yang ada di gedung kota kembang, untuk berdiskusi bersama, bagaimana membangun Kota Depok bersama.

“Ngutik ini menjadi sebuah forum diskusi politik para parpol yang belum memiliki kursi di DPRD Depok. Dengan kegiatan ini, kami ingin bukan hanya menjadi penonton dalam pembangunan kota Depok, namun ikut berkontribusi untuk Depok lebih maju,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kota Depok, Nana Sobarna mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KPNP bersama Sekber Wartawan Indonesia

“Selaku ketua KPU Depok mengapresiasi kepada teman-temn KPNP dan Sekber, menurut saya ini kegiatan yang baik untuk perbaikan proses demokrasi kedepan. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini sebagai ajang untuk menyampaikan informasi pendidikan politik, kepemiluan, sosialisasi ini bisa kita terus laksanakan kedepan,” kata Nana.

baca juga :   Launching Logo Baru Perindo, Pengurus DPD Kota Depok Ngezoom Bareng

Bagi KPU Ini merupakan bagian pendidikan politik kepada masyarakat, KPU merasa penting untuk hadir.

“Mudah mudahan KPNP dalam waktu dekat bisa mempersiapkan diri, karena dimulainya tahapan di bulan Juni ini tentu mulai running buat mereka bisa persiapkan untuk pendaftaran Parpol, pengajuan bakal caleg dan tahapan yang akan dijumpai dimasa yang akan datang,” terangnya.

Senada, Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini mengatakan kegiatan yang digagas KPNP hari ini cukup baik.

“Menurut saya ini cukup baik untuk kondisi hari ini, kalau kita tidak berkoalisi itu sulit melawan oligarki atau hegemoni maka teman-teman harus berkoalisi,” ujar Luli

Luli juga menegaskan, KPNP harus selalu menjaga kesolidan dan jangan sampai goyah

“Harapannya dengan diskusi ini baik masyarakat maupun Parpol peserta Pemilu sudah paham tentang aturan yang ada. Jadi nanti demokrasi yang dihasilkan berkualitas. KPNP saya harapkan tetap solid menjaga kesolidan, jangan sampai goyah kebawa kemana-mana kalau sampai tidak solid maka tidak akan jadi apa-apa,” tandasnya.

baca juga :   PTMT, Pemkot Depok Terbitkan Edaran Pedoman Peserta Didik

Sementara, Ndaru Ferik Prasojo Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan, Badan Kesbangpol Kota Depok sangat mengapresiasi dan bangga hadir dalam kesempatan ini

“Karena bagian tugas dari kami memberikan pembelajaran dan pemahaman politik yang baik dan benar kepada masyarakat. Forum ini merupakan upaya yang dilakukan agar masyarakat mengetahui arti peran mereka dalam dunia politik khususnya dalam rangka peningkatan demokratis di kota Depok” ungkapnya.

Terkait pokok inti kegiatan ini, lanjut Ndaru, ini ajang yang sangat baik. Apa yang dibahas dan didiskusikan adalah bahan yang berisikan ide dan gagasan baik untuk membangun kota Depok. Ini sebagai bahan kebijakan pembangunan kota Depok.” pungkasnya.

Ditempat yang sama, penggagas NGUTIK, Herry Budiman menjawab pertanyaan peserta apa maksud dan tujuan diadakan NGUTIK, dirinya menyampaikan bahwa acara ini adalah bagian sosialisasi parpol yang tergabung di KPNP kota Depok.

baca juga :   Heboh, Beredar Video Caleg DPRD Kota Depok Membagikan Amplop

“Tadi di tol saya mengikuti live acara ini, bang Gita (Sekretaris KPNP-red) tadi sudah sampaikan sejarah terbentuknya KPNP sampai terlaksananya NGUTIK, jadi saya gak mengulang lagi soal sejarahnya” katanya.

“Selain menjadi wadah dan ruang produktif, membangun kolaborasi dan sinergitas antar partai di KPNP, NGUTIK bagian untuk mensosialisasikan keberadaan partai-partai yang tidak ada di parlemen kepada masyarakat. Kota Depok harus tahu bahwa ada partai lain selain partai yang ada di parlemen,” tambah Herry.

Launching NGUTIK yang dipandu oleh Direktur eksekutif LKSWI Putra Gara berlangsung selama 2 jam. Diawali dengan paparan Ketua KPU kota, Perwaliklan Bakesbangpol kota Depok dan Ketua Bawaslu kota Depok. Diskusi pun berlangsung hangat. *

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com