Pascalibur Lebaran Stok Darah di UUD-PMI Banjar Menipis

  • Bagikan

Martapura, Transnews.co.id – Stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD-PMI) Kabupaten Banjar menipis pascalibur lebaran Idulfitri 1943 Hijriah.

Dijelaskan Staf Administrasi UDD PMI Kabupaten Banjar Nina, Selasa (10/5/2022) untuk stok darah di UDD-PMI Banjar minim, karena hanya berjumlah satu kantong saja, yakni golongan B.

“Sejak awal Ramadan lalu, namun tertutupi dengan bakti sosial yang digelar beberapa pihak. Minimnya stok darah lantaran banyaknya permintaan keluarga pasien, serta kurangnya pendonor yang mendonorkan darahnya dikarenakan libur panjang dan cuti bersama. Selain itu kegiatan vaksinasi yang gencar dilakukan juga menjadi penyebabnya, karena harus ada jeda,” jelas Nina.

Baca Juga :   Bupati Banjar Tinjau Lokasi Jembatan Amblas di Desa Takuti

Dikatakannya, kalau warga baru vaksin tidak bisa langsung mendonorkan darahnya, perlu waktu hingga tujuh hari setelah vaksin, apalagi yang mengalami demam sehabis divaksinasi, harus ditunda donor darahnya hingga 28 hari.

Lebih lanjut, Nina menjelaskan cuti bersama yang sudah selesai dan semua sudah masuk kerja, berkemungkinan stok darah akan bertambah. Sebab banyak instansi dan organisasi lainnya yang menggelar aksi sosial donor darah yang biasa mereka layani satu minggu sekali. ”Biasanya satu minggu sekali ada instansi yang mendonorkan darah mereka, sehingga bisa menambah stok yang ada,” kata dia.

Baca Juga :   Bupati Banjar Tekankan Sebelum Akhir Desember 2021 Target Vaksinasi Covid-19 Tercapai

Nina juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya agar bisa langsung ke UDD PMI Kabupaten Banjar di Jalan Menteri Empat, Kelurahan Keraton, tepat berseberangan dengan RSUD Ratu Zalecha Martapura.

”Mari kita donor darah, karena masih banyak pasien yang memerlukan, apalagi satu pasien biasanya perlu hingga tiga kantong,” ajak dia.

Ainudin, warga Martapura yang rutin mendonorkan darahnya per tiga bulan sekali mengaku agak telat donor lantaran kesibukanya. ”Seharusnya awal Ramadan tadi, tapi belum sempat juga, Insyaallah malam ini atau beberapa hari ke depan jika ada waktu luang,” ucap dia.

 50 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga :   BKKBN Kalsel Berikan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Bagi Warga Binaan
  • Bagikan