Pemkab Sleman Pastikan Persediaan Sembako Aman Jelang Idul Fitri

  • Bagikan

Sleman, Transnews.co.id – Guna memastikan persediaan sembako menjelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah telah tercukupi, Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman melakukan peninjauan ke sejumlah tempat.

Peninjauan yang dipimpin oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo ini dilakukan di dua tempat, yakni di Pasar Pakem dan di distributor sembako Arista yang ada di jalan Kaliurang Km 7, Selasa (12/4/2022).

Dari hasil pantauan tersebut, Kustini menyebut bahwa persediaan sembako di Kabupaten Sleman hingga lebaran Idulfitri nanti dalam kondisi aman. Misalnya, minyak goreng yang sempat mengalami kelangkaan beberapa waktu lalu, saat ini juga sudah berangsur normal. Ada sebanyak 140 Ton minyak goreng curah yang tersebar di seluruh pasar tradisional di Kabupaten Sleman.

Baca Juga :   Kapolri Salurkan Bantuan di Jawa timur Sebanyak 2.500 Paket Sembako pada Buruh

“Di Arsita ini ada 30 Ton untuk hari ini, besok datang lagi 7 Ton. Setiap hari di sini bisa menghabiskan 10 ton. Tapi untuk pembelian dibatasi maksimal 2 jeriken setiap orang,” ujarnya.

Kustini juga mengimbau masyarakat untuk membeli sembako secukupnya saja, dan tidak melakukan panic buying. Ia mengatakan jika ada kekurangan persediaan sembako agar melaporkannya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman.

Sementara Budiharjo dari TPID Kabupaten Sleman mengatakan selain untuk memastikan ketersediaan sembako, pantauan ini juga untuk memastikan keterjangkauan harga sembako oleh masyarakat. Menurutnya harga komoditas saat ini masih relatif terjangkau, sesuai dengan acuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga :   DPPP Sleman Tebar Benih Ikan Endemik di Embung Sendangtirto

“Bahkan beberapa komoditas yang sebelumnya mengalami kenaikan harga, sekarang sudah turun,” ujarnya.

Dari pantauan di Pasar Pakem, sejumlah komoditas mengalami penurunan harga, seperti harga minyak curah turun 250 rupiah, telur turun 688 rupiah, cabai merah kriting turun 4.000 rupiah, cabai rawit merah 4.125 rupiah, dan bawang merah turun 2.375 rupiah. Sedangkan komoditas yang terpantau mengalami kenaikan harga adalah bawang putih naik 1.625 rupiah, cabai rawit hijau naik 13.125 rupiah, dan daging sapi naik 1.875 rupiah.

Baca Juga :   Pemkab Sleman Serahkan Bantuan Kursi Roda untuk Warga

Sementara di distributor Arista minyak goreng kemasan dalam kondisi aman, sedangkan pasokan untuk minyak goreng curah mencukupi namun terbatas. Untuk harga gandum terpantau naik namun pasokan mencukupi. Adapun harga gula masih stabil di angka 12.800 rupiah/kg serta pasokannya lancar.

 60 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan