DAERAH  

Subsidi Hingga Rp100 Ribu, Masyarakat Kota Banda Aceh Serbu Pasar Murah

Banda Aceh, Transnews.co.id –  Kota Banda Aceh menyerbu pasar murah yang digelar di halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, Kamis (17/3/2022).

Terlihat masyarakat sudah mulai mengantre sejak pukul 06.00 WIB pagi untuk mendapatkan paket kupon. Dalam satu paket disediakan sembako seperti beras 10 kilogram, 2 kilogram gula pasir, 4 kilogram minyak goreng, dan 30 butir telur dengan total paket kupon sebanyak 5.500 paket.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh M. Nurdin menyebutkan, syarat untuk membeli sembako ini harus warga Banda Aceh, dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli. Total belanja dalam satu paket Rp250 ribu cukup membayar Rp150 ribu saja. “Jadi Rp100 ribu subsidi dari pemerintah kota Banda Aceh,” sebut Nurdin.

baca juga :   Wali Kota Bogor Puji Aceh dalam Memuliakan Tamu lewat Pantun

M. Nurdin menyampaikan, rincian paket sembako tersebut yang disubsidi adalah beras subsidinya Rp65 ribu, gula Rp6.000, minyak goreng Rp25 ribu, dan satu papan telur disubsidi Rp9.000.

Lanjutnya, dari 5.500 kupon yang dipersiapkan, setiap harinya pemerintah hanya menyediakan 1.500 paket, hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan orang.

“Hari ini 1.500 kupon dibagikan, tapi antusias masyarakat cukup tinggi, mulai pukul 06.00 WIB pagi warga sudah berdatangan, sehingga kupon cepat habis dan masih ada masyarakat yang tidak kebagian,” katanya.

Solusinya lanjut M. Nurdin, bagi masyarakat yang belum mendapatkan kupon belanja, dapat kembali besoknya untuk mengambil nomor antrean, dengan catatan siapa datang lebih awal maka ia yang mendapatkan kupon.

baca juga :   Muktamar IDI XXXI, Disbudpar Aceh Gencarkan Promosi Wisata

Ia menambahkan, tingginya antusias masyarakat berbelanja tahun ini juga karena menjelang Ramadan dan terjadi kelangkaan minyak goreng, sehingga warga berbondong-bondong untuk mendapatkan minyak goreng subsidi tersebut.

“Sesuai arahan Wali Kota Banda Aceh untuk tahun ini menambah subsidi Rp100 ribu per paket sembako, ini sudah mengakomodasi kebutuhan pokok masyarakat, biasanya tahun yang lalau hanya Rp50 ribu per paket disubsidi,” ucap M Nurdin.

Secara keseluruhan, jumlah sembako subsidi yang dipersiapkan Diskopukmdag yakni beras 55 ton, 11 ton gula pasir, minyak goreng 22 ribu liter, dan telur ayam 5.500 papan.

Salah seorang pengunjung pasar murah, Ibu Saini warga Lueng Bata, Banda Aceh merasa bersyukur dengan diadakan pasar murah tersebut. “Ini sangat membantu masyarakat di tengah kelangkaan minyak goreng serta naiknya harga sembako yang melambung tinggi. Alhamdulillah subsidinya Rp100 ribu, ini bisa untuk belanja keperluan lain jelang megang,” ungkapnya.

baca juga :   Dalam Halal Bihalal, Urang Gayo di Jabodetabek Diharapkan Berbahasa Gayo

Ia berharap ke depan pemerintah akan terus membantu masyarakat dengan menyediakan barang subsidi seperti ini, terutama saat Ramadan dan hari besar lainnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com