Tiga Nagari di Kabupaten Tanah Datar Masuk 500 Besar Nasional ADWI 2022

  • Bagikan

Batu Sangkar, Transnews.co.id – Tiga nagari di Kabupaten Tanah Datar berhasil masuk 500 besar nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) pada 2022.

“Alhamdulillah 2022, tiga nagari di Tanah Datar kembali masuk nominasi 500 desa wisata terbaik nasional dari 83.000 desa di Indonesia,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Tanah Datar Efrison di Batusangkar Kamis (21/4/2022).

Tiga nagari yang masuk desa wisata tersebut adalah Nagari Tuo Pariangan, Andaleh Nagari Bungo, dan Desa Wisata Aua Sarumpun.

Baca Juga :   Kemenparekraf Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Mataram Perkuat Kolaborasi

Efrison mengharapkan tiga nagari tersebut bisa masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, menyusul Nagari Sumpu, Kecamatan Batipuh Selatan yang meraih 50 Besar ADWI 2021.

Capaian tersebut juga diharapkan bisa memotivasi Nagari lain di Tanah Datar untuk berani tampil, menggali, dan mengembangkan potensi wisata mereka untuk semakin berkembang. Hal tersebut juga sejalan dengan program unggul Tanah Datar yaitu satu nagari satu event.

Baca Juga :   Menparekraf Beri Pendampingan Penerapan CHSE di Desa Wisata Sumberbulu

Ia juga mengatakan sebelumnya terdapat enam desa wisata yang didaftarkan pada ADWI 2022 yang dilaksanakan Kemenparekraf, namun hanya tiga destinasi yang berhasil lolos ke 500 besar nasional.

Diketahui, Anugerah Desa Wisata Indonesia merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Baca Juga :   Dinilai Ramah Lingkungan, Bupati Tanah Datar Test Drive Mobil Listrik

Event itu juga bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

 74 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan