Tingkatkan Daya Tarik, Wagub Sumbar Minta Cendera Mata di Museum Buya Hamka Ditambah

  • Bagikan

Agam, Transnews.co.id – Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy menyarankan agar cendera mata (souvenir) di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam dapat ditambah sebagai pendukung pariwisata.

“Tadi saya sarankan kepada Pokdarwis Sungai Batang untuk membuat unit usaha seperti jualan kaus gambar Buya Hamka, gantungan kunci, dan buku karya Buya Hamka sebagai pendukung pariwisata di sini. Selain itu, kafe-kafe kecil dan taman di sekitar museum juga harus disediakan untuk menambah daya tarik wisata,” kata Audy kepada wartawan saat berkunjung ke Museum Buya Hamka, Selasa (4/1/2022).

Menurutnya, penambahan souvenir di sekitar museum itu nantinya akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat lokal.

Baca Juga :   Gubernur Sumbar Siapkan 1 Ton Rendang untuk Korban Terdampak Bencana Erupsi Semeru

Secara khusus, Audy juga memberi arahan kepada Pokdarwis Sungai Batang tentang program kerja dan gerakan yang harus dilakukan ke depan, agar wisatawan domestik maupun mancanegara makin tertarik berkunjung ke kampung kelahiran Buya Hamka itu.

“Ketika orang (wisatawan) datang ke sini apa sih yang mereka cari di Sungai Batang ini, selain terkenal sebagai Kampung Buya Hamka dan Danau Maninjau. Nah ini yang mesti dilakukan agar mereka betah di sini dan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca Juga :   Wagub Sumbar Pimpin Apel Dinas Kelautan dan Perikanan

Selain itu, Audy juga menyarankan pengelolaan Museum Buya Hamka ke depan bisa lebih kreatif lagi dan melibatkan masyarakat setempat terutama generasi muda.

Upaya itu, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Nagari Sungai Batang, sehingga mampu mewujudkan desa wisata yang berdaya saing.

Agenda kunjungan Wagub Audy Joinaldy kali ini merupakan rangkaian kegiatan peninjauan dan evaluasi 4 desa wisata di Sumbar yang meraih penghargaan desa wisata terbaik tingkat nasional pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Baca Juga :   Tanggap Bencana Pasaman, Wagub Sumbar Tinjau Posko di Tiga Titik Lokasi Gempa

Ke empat desa wisata yang meraih penghargaan tingkat nasional ajang ADWI 2021 di antaranya Desa Wisata Apar di Pariaman, Desa Wisata Sungai Batang di Agam, Desa Wisata Sumpur di Tanah Datar, dan Desa Wisata Sarugo di Lima Puluh Kota.

 62 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan