Vaksinasi COVID-19 Lansia di Lumajang Capai 58,40 Persen

Lumajang, Transnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur terus mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hingga penuhi target atau sasaran.

Berdasarkan data capaian vaksinasi yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang per 14 Februari 2022 lalu, untuk masyarakat umum tercatat mencapai 73,42 persen. Angka tersebut setara dengan 646.699 dosis dari total sasaran 880.787 dosis.

Sementara, capaian vaksinasi warga lanjut usia (lansia) tercatat 58,40 persen atau setara dengan 74.393 dosis dari total sasaran 127.374 dosis.

baca juga :   Pekerja Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Ikut Vaksinasi Masal

“Dari data 14 Februari lalu capaian vaksinasi untuk masyarakat umum sudah mencapai 73,42 persen, kemudian lansia mencapai 58,40 persen,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Rina Dwi Astuti saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (3/3/2022).

Rina juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan percepatan vaksinasi melalui beberapa strategi, salah satunya membuka pos pelayanan vaksinasi dan sentra vaksinasi massal, seperti di kantor kepala desa, kecamatan serta vaksinasi door to door.

“Kami akan tingkatkan frekuensi sosialisasi terkait vaksinasi, terutama kepada sasaran yang belum divaksin,” ujarnya.

baca juga :   Pemprov Kalsel Berupaya Penuh Capai Target Vaksinasi 70 Persen di Akhir Tahun

Namun demikian, ia juga menyebutkan masih ada beberapa kendala dalam memberikan pelayanan vaksinasi, terutama bagi warga lanjut usia (lansia), yakni terdapat beberapa lansia yang tidak lulus screening dikarenakan memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Selain itu, dikatakan Rina, ada sebagian besar lansia di dalam keluarga bukan sebagai pengambil keputusan untuk melaksanakan vaksin. “Hal yang menjadi menghambat, yaitu menolak karena merasa lansia tidak akan kemana-mana,” terang dia.

baca juga :   Menkes Ungkap Alasan Penambahan 3 Jenis Vaksin Rutin Lengkap

Dirinya berharap, agar seluruh stakeholder dapat turut serta dan terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Lumajang.

“Saya harap nantinya ada penguatan bersama dengan lintas sektor dalam pelaksanaan vaksin,” harapnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com