DAERAH  

Wabup Lumajang Sebut RKPD Harus Selaras dengan Rencana Pembangunan Provinsi dan Nasional

Lumajang, Transnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan berupaya agar Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dapat selaras dengan hasil RKPD Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Nasional sesuai dengan visi-misinya.

“Pada dasarnya pembangunan daerah yang akan dilakukan, nantinya harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lumajang. Untuk itu, kepala daerah harus bisa menyinergikan program maupun kegiatan sesuai dengan pemerintah provinsi maupun nasional,” kata Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) saat dimintai keterangan usai menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi Jawa Timur 2023, di Ballroom Shangri-La Hotel Surabaya, Selasa (19/4/2022).

Bunda Indah juga mengatakan, bahwa Musrenbang tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dengan memaparkan Tujuh Prioritas Pembangunan Jatim 2023 yang diselaraskan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nasional 2023.

Baca Juga :   Petugas Kembali Temukan Dua Jenazah Korban Bencana Alam APG Semeru

Sementara itu, Gubernur Jatim dalam paparannya menjelaskan, bahwa Tujuh Prioritas Pembangunan Jatim di Tahun 2023 nanti adalah pemulihan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan nilai tambah sektor sekunder dan pariwisata.

Kemudian, penguatan konektivitas antar wilayah dalam upaya pemerataan hasil pembangunan serta peningkatan layanan infrastruktur. Peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, produktivitas dan daya saing ketenagakerjaan, serta pengentasan kemiskinan.

Selanjutnya, Peningkatan kepedulian sosial dan pelestarian nilai-nilai budaya lokal, Peningkatan kemandirian pangan dan pengelolaan sumberdaya energi, Peningkatan ketahanan bencana dan kualitas lingkungan hidup, dan yang terakhir adalah Peningkatan ketentraman dan ketertiban umum serta peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat Jawa Timur.

Baca Juga :   Panglima TNI Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak APG Semeru

“Ketujuh prioritas pembangunan Jatim pada 2023 tidak lepas dari nilai-nilai Nawa Bhakti Satya yang menjadi ruh pembangunan di Jatim. Terima kasih atas kerja sama, dukungan dan tentu sinergi dan kolaborasi yang sangat luar biasa yang sudah terbangun selama ini. Mudah-mudahan terus kita bangun Jawa Timur dengan semangat Optimis Jatim Bangkit harus kita bangun bersama,” jelas dia.

Baca Juga :   Vaksinasi COVID-19 Lansia di Lumajang Capai 58,40 Persen

Menindaklanjuti hasil Musrenbang RKPD Jatim 2023 yang bertemakan “Peningkatan dan Pemerataan Kualitas Sumber Daya Manusia serta Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan untuk mendukung Daya Saing Daerah dalam menyambut era industri Perdagangan dan Jasa Berbasis Agro”.

 124 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.