Wakil Walikota Pekanbaru Sebut Masalah Kesehatan jadi Kendala Capai Vaksinasi Lansia 60 Persen

Pekanbaru, Transnews.co.id – Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si mengungkapkan, masalah kesehatan menjadi salah satu kendala untuk mengejar target vaksinasi warga lanjut usia (lansia) 60 persen dari target 52.759 orang.

Dari laporan Dinas Kesehatan, kata dia, sejauh ini partisipasi lansia untuk bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi yang diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru cukup tinggi.

“Untuk lansia, sebenarnya mereka mau, cuma kan ada pemeriksaan kesehatan sebelum divaksin. Saat di skrining, ada yang tidak bisa karena tensi dan sebagainya, dan itu tidak bisa dipaksakan. Jadi bukan karena mereka tidak mau (divaksin),” ujarnya, Rabu (29/12).

baca juga :   Pemerintah Terus Gencarkan Vaksinasi di Bulan Ramadan

Lantaran vaksinasi lansia belum capai 60 persen, diakui wawako hal itu menjadi penghambat untuk bisa turun ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

baca juga :   Antisipasi Penyebaran Omricon, Polresta Sidoarjo Gelar Razia Vaksin dan Edukasi Prokes di Perbatasan

“Karena lansia masih menjadi indikator untuk bisa turun ke level 1,” ucapnya.

Sementara itu dari data Dinas Kesehatan, saat ini vaksinasi lansia sudah di angka 56,3 persen dari target 52.759 orang. Sisanya 3,7 persen lagi, diupayakan tuntas sebelum akhir Desember 2021.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com