Antisipasi Pembalakan Liar, Polres Blora Giatkan Patroli Hutan

Blora, Transnews.co.id – Untuk mencegah terjadinya pembalakan liar dan antisipasi terjadinya bencana alam, Polres Blora Polda Jawa Tengah melaksanakan patroli ke wilayah hutan.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama menyampaikan bahwa patroli dilaksanakan di 16 Polsek Jajaran di seluruh kabupaten Blora.

Selain untuk antisipasi pencurian kayu negara, patroli juga bertujuan untuk antisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung yang bisa saja terjadi di desa desa di pinggiran hutan. Seperti yang dilakukan oleh Polsek Bogorejo, Senin (3/1/2022).

baca juga :   Desa di Blora Jadi Sasaran RVS Kusta dan Frambusia

Menggunakan kendaraan patroli Strada, petugas Polsek Bogorejo patroli menyusuri kawasan hutan hingga perbatasan kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Kapolsek Bogorejo AKP Nur Dwi Edi membeberkan bahwa dalam patroli hutan tersebut, pihaknya juga menyampaikan pesan pesan kamtibmas kepada masyarakat sekitar hutan yang dijumpai anggota saat bertugas.

“Sambil patroli kita sampaikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana alam. Apalagi saat ini musim hujan. Rawan bencana alam seperti tanah longsor dan angin puting beliung,” kata Kapolsek.

baca juga :   Refocusing Anggaran, Lima KK dari Kecamatan Randublatung Blora Tidak Bisa Berangkat Transmigrasi

Untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan ia berpesan kepada warga agar ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan, serta kawasan hutan yang ada. Karena jika lingkungan dijaga dengan baik, maka dapat mencegah terjadinya bencana alam.

“Mari bersama kita jaga lingkungan, jika membersihkan atau membuka lahan persil di hutan mohon jangan dibakar. Karena dapat menimbulkan terjadinya kabakaran hutan dan lahan,” kata Kapolsek Bogorejo.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com