DAERAH  

Bentuk Satgas, Gubernur Sumsel Pastikan Kawal HET Minyak Goreng Curah

Palembang, Transnews.co.id – Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru membentuk satgas monitoring ketersedian minyak goreng untuk menanggulangi kelangkaan minyak goreng yang ada di Sumsel.

Hal tersebut diutarakannya usai mengikuti rapat monitoring ketersediaan minyak goreng di Provinsi Sumatra Selatan, di Griya Agung, Selasa (26/4/2022).

Ditemui usai rapat, Herman Deru mengatakan, rapat ini membahas agar minyak goreng curah yang kebutuhannya hanya 134 ton per hari dapat terpenuhi.

“Bagaimanpun caranya, saya minta ini dapat terpenuhi, karena total produksi minyak curah di Sumsel sekitar 1.320 ton per hari, kita hanya minta alokasikan kebutuhan curah lokal,” ujarnya.

baca juga :   Kasus Positif COVID-19 di Palembang Didominasi OTG

Oleh sebab itu, Herman Deru mengungkapkan dirinya bersama pihak terkait telah menyepakati agar hal ini dapat teralokasikan dengan baik.

“Untuk mengatasi masalah kelangkaan, saya bentuk satgas dan akan ditanda tangani juga hari ini, di dalamnya memuat tupoksi dan apa saja yang akan diawasi. Kita libatkan semua unsur, yaitu polisi, TNI, kejaksaan, dan unsur lainnya seperti Polres dan Koramil,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memastikan harga jualnya, dan dipastikan dimulai dari produsen, distributor, agen hingga ke konsumsen yang membeli sampai tingkat pasar yaitu HET Rp14.000/L atau Rp15.500 /Kg.

baca juga :   Wali Kota Palembang Tegaskan Subsidi Transmusi akan Dikaji

“Kendala utama ini antar distributor ke agen, bisa jadi karena jarak tempuh, bisa jadi juga ada keterlambatan pengiriman ke produsen. Saya sudah bilang bila perlu pinjam mobil tentara dan polisi jika memang dibutuhkan,” ujarnya.

Ia mengatakan, SK yang akan dibuat ini akan diberlakukan selama 3 bulan dan bertugas mendeteksi kelangkaan minyak goreng. Jika ditemukan adanya kecurangan maka kita tindak sesuai hukum yang berlaku.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto M.H mengatakan bahwa pihaknya juga ikut serta dalam pengawasan ketersediaan minyak goreng yang ada di pasar-pasar seluruh Sumsel untuk memastikan tidak terjadinya kelangkaan minyak goreng.

baca juga :   Pemkot Palembang Terima Bantuan 15 Ribu Masker

Rapat ini juga diikuti oleh Produsen dan distributor minyak goreng yang ada di Sumsel. Turut hadir Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Wakil Ketua DPRD Sumsel,Kartika Sandra Desi, dan Para Kepala OPD Prov Sumsel

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com