DAERAH  

Bupati Blora Tinjau Persiapan Peluncuran Command Center

Blora, Transnews.co.id – Bupati Blora H. Arief Rohman, meninjau ruangan Command Center yang terletak di Lantai 2 Kantor Bupati Blora, Jumat (18/2/2022).

Bupati Arief Rohman meminta agar Dinkominfo bisa terus menyempurnakan dashboard dan menu yang ditampilkan.

“Data datanya tolong dilengkapi lagi agar Blora Satu Data nya juga bisa disinkronkan dalam command center ini. Sehingga ketika ada permasalahan datanya bisa langsung disajikan untuk menentukan kebijakannya,” ucap Bupati.

Dirinya ingin agar command center ini nantinya dapat di launching tepat pada peringatan satu tahun kepemimpinan, yang jatuh pada 26 Februari nanti.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Pratikto Nugroho. melakukan pemaparan sekaligus menjajal fasilitas layanan data yang ada di Command Center dihadapan Bupati Blora dan Sekretaris Daerah Kab. Blora Komang Gede Irawadi.

“Kami ingin sampaikan persiapan launching Command Center tanggal 26 Februari 2022, terkait dengan persiapan kami untuk launching tersebut. Sehingga hari ini kami mohon petunjuk, mohon arahan dari Pak Bupati dan Pak Sekda terkait,” papar Kepala Dinkominfo Blora.

baca juga :   Petugas Operasi Ketupat Candi 2022 Blora Melaksanakan Pengamanan Arus Balik

Diungkapkan Pratikto, fitur-fitur yang ada di Dashboard Command Center akan dipaparkan kepada Bupati dan Sekda untuk kemudian dievaluasi dan diberi masukan agar semakin matang.

“Sehingga bisa kami tampilkan nanti saat launching, dengan dashboard yang betul-betul bisa kita harapkan, bisa bermanfaat untuk semua orang. Kita akan nyuwun evaluasi terkait dengan dashboard command center,” ungkapnya.

Lanjutnya, data-data tersebut bersumber dari OPD yang sudah diintegrasikan dan dapat diakses melalui Command Center. Sehingga pimpinan dapat menggunakan data-data tersebut sebagai salah satu pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

Selain itu, tambah Kadin Kominfo Blora, dalam kesempatan tersebut juga akan dilakukan uji coba sistem e-office. Uji coba dilakukan dengan melibatkan Camat Blora dan Lurah Ngampel sebagai sampel.

baca juga :   Bhabinkamtibmas Polsek Jepon Ingatkan Warga Waspada Demam Berdarah

Kami akan uji coba sistem e-office, pada minggu kemarin selama dua hari, teman-teman dari Kominfo Sumedang sudah di Blora dan sudah membantu kami transfer knowledge terkait e-office.

“Kami menghadirkan Pak Camat Blora dan Pak Kades Ngampel kita uji coba sejauh mana e-office ini bisa diterapkan, terutama untuk surat menyurat,” katanya.

Fungsional pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Nur Khamid, S.Kom, kemudian memberikan penjelasan terkait fitur-fitur dan layanan yang ada di Command Center.

Dalam penjelasannya, Nur Khamid mengungkapkan bahwa ada setidaknya 9 item yang ada di Dashboard Command Center.

“Desain command center, ada 9 item yaitu terkait sosial, keuangan, pendidikan, kependudukan, infrastruktur, layanan publik, kesehatan, perizinan dan sosial media,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan, pada item infrastruktur nantinya data-data terkait infrastruktur di Blora yang salah satunya adalah jalan, dapat diakses dari Command Center.

“Terkait infrastruktur, kita bisa lihat data terkait ruas jalan, kondisi jalannya, kerusakannya, ini ada keterangannya,” paparnya.

baca juga :   Ciptakan Keamanan Masyarakat, Polres Blora Intensif Razia Miras

Nur Khamid kemudian menjajal akses dari seluruh item-item yang ada Dashboard tersebut, sekaligus berdiskusi dengan Sekda dan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra untuk optimalisasi Command Center.

Diharapkan dengan adanya Command Center tersebut, nantinya para pimpinan dapat mengakses data-data yang dibutuhkan untuk mengatasi berbagai persoalan.

Sehingga diharapkan dengan berbasis data, nantinya dapat lahir kebijakan-kebijakan yang tepat.

Pemerintah Kabupaten Blora kini tengah mematangkan fasilitas dan layanan Command Center.

Rencananya, Command Center akan siap untuk di-launching dan beroperasi pada akhir bulan Februari 2022.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com