Bupati Sleman Kukuhkan Paguyuban Abdi Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Wewengkon Periode 2022-2025

Sleman, Transnews.co.id – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengukuhkan pengurus Paguyuban Abdi Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Wewengkon Kabupaten Sleman periode 2022-2025, Rabu (9/2/2022), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengucapkan selamat serta apresiasi yang tinggi kepada para abdi dalem yang telah dikukuhkan.

Menurutnya, menjadi seorang abdi dalem bukanlah pekerjaan yang mudah. Mengingat seorang abdi dalem Karaton dituntut untuk memiliki loyalitas untuk Sultan dan Karaton Yogyakarta.

“Seorang abdi dalem juga harus memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga kelestarian budaya Karaton Yogyakarta ditengah gempuran globalisasi,” jelasnya.

baca juga :   Bupati Sleman Tinjau Vaksinasi Booster COVID-19 Serentak

Dikatakan, seorang abdi dalem adalah sosok yang dijadikan panutan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Yogyakarta tata krama, ramah, sopan dan santun kepada sesama. Menurutnya, Abdi Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah contoh manusia yang setia dan tidak dibutakan oleh materi. Sepenuhnya menjalani tugas dan mengabdi dengan hati yang ikhlas.

“Kita bisa belajar dari para abdi dalem untuk senantiasa merasa cukup atas apa yang kita miliki,” ucap Kustini.

Sementara KMT. Dwijojayengmardowo, Ketua Paguyuban Abdi Dalem yang dikukuhkan menyebutkan bahwa saat ini ada sebanyak 273 abdi dalem di Kabupaten Sleman.

baca juga :   Pemkab Sleman Akan Tutup Alun-alun saat Malam Tahun Baru

Menurutnya abdi dalem pada dasarnya berasal dari masyarakat. Namun, untuk menjadi abdi dalem memang harus melewati serangkaian seleksi yang cukup ketat. Hal ini dikarenakan seorang abdi dalem juga merupakan seorang abdi budaya. sehingga abdi dalem mempunyai peran dan tanggung jawab untuk melestarikan kebudayaan di tengah masyarakat dan juga di pemerintahan.

“Termasuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kebudayaan di kabupaten Sleman, seperti labuhan, jamasan pusaka, grebeg dan karawitan,” kata pria usia 62 tahun tersebut.

baca juga :   Ratusan Siswa SD di Cangkringan Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Asek I Bidang Pemerintahan dan Kesra Aji Wulantara, Kepala Dinas Kabedayaan Kabupaten Sleman, Edy Winarya, dan Pengageng Tepas Dwarapura Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rama KRT. H. Jatiningrat.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com